Membaca Realitas
728×90 Ads

5 Makanan yang Tidak Dianjurkan WHO saat Isolasi Mandiri Virus Corona

Kalesang.id – Asupan makanan saat menjalani isolasi mandiri Covid-19 sangat penting untuk diperhatikan.

Tentu, dengan makanan yang bernutrisi tinggi dapat mempercepat penyembuhan. Begitupun sebaliknya, makanan yang tidak sehat justru dapat memperparah kondisi kesehatan anda.

Dilansir dari cnnindonsia.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak menganjurkan untuk mengonsumsi makanan ini saat sakit dan masa penyembuhan.

Berikut 5 makanan terlarang saat isolasi mandiri Covid-19:

  1. Makanan tinggi garam

WHO merekomendasikan konsumsi garam kurang dari 5 gram per hari. Makanan tinggi garam dapat menyerap cairan dalam tubuh dan memengaruhi tekanan darah.

  1. Makanan tinggi gula

WHO merekomendasikan konsumsi gula kurang dari 5 persen dari total asupan energi setiap hari atau sekitar 6 sendok teh saja. Makanan gula tinggi dapat memengaruhi kadar gula dalam darah, memicu peradangan, dan memperlambat penyembuhan.

  1. Makanan lemak tinggi

Makanan tinggi lemak juga dapat memperparah infeksi dan peradangan. Sebaiknya pilih sumber lemak tak jenuh misalnya alpukat, minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan. Hindari daging merah berlemak, mentega, dan minyak kelapa.

  1. Alkohol

Hindari konsumsi alkohol karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi alkohol dapat membuat tubuh semakin sulit melawan virus corona.

  1. Makanan cepat saji

Hindari makanan cepat saji karena sudah melewati proses pengolahan yang panjang. Proses ini membuat nutrisi di dalam makanan berkurang drastis bahkan berganti menjadi zat yang memicu peradangan.

Disarankan, sebaiknya pilih makanan yang bernutrisi tinggi dan bergizi seimbang. Perbanyak makan buah dan sayur untuk mendapatkan asupan vitamin alami.(redaksi)

728×90 Ads