Membaca Realitas
728×90 Ads

BMKG Catat 10 Kali Gempa Susulan Guncang Halut, Warga Diminta Tetap Tenang

TERNATE (kalesang) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Ternate mencatat sepuluh kali gempa susulan mengguncang wilayah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, Sabtu (08/01/2022) malam.

Guncangan ini menyusul gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 5,2 pada jarak 18 km Barat Daya Tobelo dengan kedalaman 10 km yang terjadi pukul 18:53:42 WIT.

“Gempa ini terjadi diakibatkan adanya aktivitas sesar aktif di daerah titik gempa terjadi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergeseran mendatar atau strike slip,” ungkap Market Sofian, staf Operasional BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate kepada kalesang.id, Sabtu (08/01/2022).

BACA JUGA: Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Halmahera Utara

Sofian mengatakan, akibat getaran berdasarkan laporan BMKG berupa guncangan dirasakan di wilayah Tobelo, Ternate, Weda dan Jailolo dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI). Sementara Daruba dan Tidore skala II MMI.

“Artinya, III MMI ini getaran dirasakan nyata seperti ada truk berlalu. Sementara II MMI dimana artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang,” katanya.

“Hingga saat ini belum ada laporan terkait dampak kerusakan. Namun sudah terjadi sepuluh kali aktivitas gempa bumi susulan dengan magnitudo terbesar 4,” sambung Sofian.

Ia meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya serta menghindari bangunan rusak atau retak jikalau ada.(tr-01/tr-04)

 

Reporter: Rahmat Akrim/Rasman La Tunda

Editor: Zulfikar

728×90 Ads