Membaca Realitas
728×90 Ads

Mengenal Lebih Dekat dengan Komunitas Halo, Kak!

Kalesang – Halo, Kak! Kata yang mungkin tidak asing lagi bagi kita untuk di ucapkan dalam keseharian kita. Dengan memilih nama Komunitas Halo,Kak! Enam orang anak mudah dengan latar belakang yang berbeda membentuk sebuah Komunitas yang bergerak di bidang Kesehatan Mental dan Kemanusiaan.

Tepatnya pada tanggal 18 Februari 2021. Andira Falestya, Raudyah Izzany Salsabilla, Nurintan M.Savilla, Dewi Djamaluddin, Agus Ilham dan Agus Eko. Bersepakat untuk membentuk Komunitas Halo,Kak! Dimana dengan secara kekeluargaan memilih Andira Falestya sebagai Koordinator Komunitas.

Kemudian mereka juga bersepakat untuk membentuk lima departemen yang menjadi tongkat penggerak komunitas. Diantaranya, Departemen Social Responsibility, dibawahi oleh Agus Eko, Departemen Research Training and Development, dibawahi oleh Agus Ilham

Departemen Content Creator, dibawahi oleh Nurintan M.Savilla, Departemen Social Media, Raudyah Izzany Salsabila dan Departemen Public Relation, Dewi Djamaluddin.

Untuk menunjang, kerja-kerja komunitas dibentuklah sebuah sekretariat yang terletak di Bilangan Ngade, Kelurahan Ngade Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate Maluku Utara.

Nah sekarang kita juga perlu tahu asal mula nama Halo,Kak! Yang dipilih untuk menjadi nama Komunitas. Menurut Koordinator Andira Falestya, awal mula dipilihnya Halo,Kak! Menjadi nama Komunitas. Terinspirasi dari aplikasi Halo Dok. Dimana di Platfrom digital tersebut bergerak di dunia kesehatan.

Koordinator Halo,Kak! Andira Falestya.(Foto By IG @officialhalokak)

 

“Halo,Kak! Terbentuk didasari oleh kepedulian foundernya terhadap orang-orang yang memiliki masalah karena beberapa dari foundernya selalu dijadikan sosok orang yang terpercaya untuk dimintai nasehat dan saran ketika teman-teman mereka memiliki masalah, sederhananya menjadi  tempat curahan hati (curhat) oleh teman-teman mereka.” Jelasnya kepada kalesang.id

“Lalu terpikirkanlah untuk membentuk wadah ini dengan alasan agar orang-orang dapat menyalurkan masalah, yang merasa stress yang tidak dapat diceritakan dan dipendam sendiri. Ide memberi nama Halo,Kak! sendiri terinspirasi dari Platform Halo,dok.” Ungkap Andira.

Sejak awal berjalannya Komunitas Halo,Kak!, hanya bergerak di media sosial yakni Instagram. Dengan nama akunnya @officialhalokak. Hampir semua aktivitas sejak beberapa bulan saat komunitas dibentuk dengan sejumlah aktivitas interaktif masih dengan daring baik dari sisi konseling maupun komunikasi lainnya.

“Awalnya kita bergerak melalui media Sosial karena, selain private juga banyak orang yang menggunakan media sosial. Karena, orang akan lebih mudah berbagi tentang cerita hidupnya baik masalah yang dialaminya atau hal-hal yang menganggu orang lain,” tutur Andira.

Halo,Kak! Secara perlahan mulai memberanikan diri untuk eksis. Dengan menggelar workshop online yang bertajuk “Im Ready For The Next Journey” pada tanggal 27 Maret 2021. Kegiatan ini diperuntukkan kepada siswa kelas 12 SMA yang mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi kepada mereka bahwa banyak sekali jalur-jalur masuk untuk mendaftar ke perguruan tinggi dan ada banyak jurusan serta sekolah-sekolah kedinasan yang bagus dan berprospek dimasa depan.” Cetus Raudya Izzany Salsabila dari Departemen Social Media.

Workshop online yang bertajuk “Im Ready For The Next Journey” (Foto By Instagram @officialhalokak)

 

Tak tanggung-tangung, Halo, Kak! Kembali melaksanakan event yang bertajuk kebudayaan yakni event “Kebaya Fest” dalam rangka memperingati hari kebudayaan yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2021. Event Kebaya Fest sendiri dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 4 – 6 Juni 2021. Ini merupakan kegiatan Offline pertama dari Halo,Kak!. Kebaya Fest merupakan event dari Keberagaman Budaya Festival

Meskipun ini merupakan kegiatan pertama secara Offline, Event tersebut sukses dilakukan. Dimana terdapat sejumlah kegiatan panggung berupa, Panggung Ekspresi yang menampilkan tarian Papua Gamsio,Musikalisasi Puisi, dan Musik Yanger. Juga diadakan Pagelaran Budaya yang dilombakan terdapat beberapa jenis lomba yaitu, lomba tarian, Lomba Fashion Show, Lomba Puisi.

Selanjutnya Halo,Kak! Mengadakan workshop public speaking pada tanggal 04 september 2021 dengan bentuk workshop bercerita interaktif bersama  sejumlah narasumber. Narasumber pada kegiatan ini. Halo,Kak! mengundang Kak Didit Prahara ketua Ternate Heritage Society.

Workshop ini bertempat di Buku Bandera. Peserta pada workshop ini berasal dari kalangan siswa SMP dan SMA. Tujuan kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih public speaking siswa yang menjadi peserta.

Event Kebaya Fest 2021 (Foto By Instagram @officialhelokak)

Setelah event Kebaya Fest, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara tertarik dan mengajak Halo,Kak! collaborasi untuk mengadakan sebuah event dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021. Dengan tema “Semarak Sumpah Pemuda”.

“Kegiatan ini digelar Halo,Kak! bersama relawan dari 10 perwakilan organisasi kemahasiswaan yang berasal dari 10 Kabupaten Kota di Provinsi Maluku Utara.” Cetus Raudyah.

Kegiatan ini berpusat di Benteng Kalamata, item kegiatannya pun sangat banyak dan beragam diantaranya pada acara pembukaan event ini pada tanggal 28 Oktober 2021 diadakan di Pantai Jikomalamo dengan bentuk kegiatan Pengibaran bendera Merah Putih dibawah laut dan Ziarah makam Kiai Hj.Salahuddin Bin Talabuddin Salah satu tokoh sejarah berpengaruh yang berasal dari Halmahera Tengah.

Pada kesempatan ini pun Halo,Kak! bersama BPCB membentuk sebuah forum yang diberi nama Forum Pemuda Peduli Pusaka Budaya, pengurus dari forum ini berasal dari relawan 10 pewakilan organisasi kemahasiswaan.

Halo,Kak! kedepannya akan melakukan perekrutan dan memperbanyak anggota serta event memperingati HUT Halo,Kak! yang pertama.

“Banyak program juga yang direncanakan hanya saja tidak bisa diurai satu-persatu sesuai dengan kebutuhan masyarakat kedepannya.” Ungkap Andira

“Dengan harapan pengurus Halo,Kak! untuk Komunitas ini, Semoga tetap solid, komunikasi diantara anggota selalu lancar, semoga sesama anggotanya selalu bisa menyamakan prespektif. Yang terakhir semoga Halo,Kak! selalu bisa diterima disemua kalangan masyarakat, menjadi ruang atau wadah yang nyaman dan bermanfaat untuk banyak orang.”. Tutup Koordinator Halo,Kak! Andira Falestya.

Reporter: Revi Rimadhani Muksin

Editor: Wendi Wambes

728×90 Ads