Membaca Realitas
728×90 Ads

Perayaan Imlek di Ternate Berlangsung Sederhana

TERNATE (Kalesang) – Senin 31 Januari 2022 mulai pukul 20.00 WIT umat Khonghucu di Kota Ternate menggelar Sembahyang penutup tahun 2572 dan membuka tahun baru 2573 di Klenteng Thian Hou Kiong, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara.

Amatan Kalesang.id perayaan Imlek kali ini berlangsung sangat sederhana. Umat Konghuchu dan warga keturunan Tionghoa lengkap dengan pakaian khas berwarna merah menjalankan beberapa kali ritual sembahyang.

Sementara mereka yang tak sembahyang, memilih untuk bersantai di teras bagian utara klenteng tertua di timur Idonesia ini. Walikota Ternate DR Tauhid Soleman tepat pukul 22.00 WIT tiba di lokasi dan berbaur dengan beberapa tokoh keturunan Tionghoa.

Pendeta Konghuchu, JS Martin mengatakan tema Imlek tahun Shio Macan ini, adalah bahwa seorang Susilawan atau seorang budiman hidup menempuh jalan suci sedangkan orang yang tidak beriman hidup menentang jalan suci.

“Jadi dalam artian kalau misalnya orang yang beriman hidup itu sesuai dengan ajaran agama tetapi sebaliknya yang tidak beriman mereka tidak melaksanakan malah melanggarnya.” Ujar JS Pendeta Martin saat diwawancarai Senin (31/1/2022) malam jelang pergantian tahun baru Cina. (Tr-01)

Penulis: Rahmat Akrim /Editor :Wawan Kurniawan

 

 

728×90 Ads