Membaca Realitas
728×90 Ads

Warga Balbar Resah Jalan dan Pemukiman Kerap Banjir

SOFIFI (kalesang) – Warga Desa Balbar, Kecamatan Oba Utara, Kota Tidore Kepulauan mengeluhkan banjir yang kerap menggenangi jalan serta pemukiman mereka.

Amatan kalseang.id, Senin (03/01/2022), sejak pukul 17:00 – 19:00 WIT wilayah setempat diguyur hujan deras. Puluhan rumah warga Desa Balbar, Dusun Baramadoe, RT04/RW01 telihat sudah digenangi air.

Muksin (45 tahun), salah seorang warga Dusun Baramadoe mengatakan, banjir yang terjadi ini dikarenakan ukuran saluran drainase yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air hujan yang sehingga meluap masuk ke rumah warga.

Lanjutnya, penyebab lain yakni saluran drainase di jalan kilo 40 Sofifi yang berukuran lebih besar dari saluran drainase di desa. “Sehingga tidak bisa menampung air hujan yang mengalir,” kata Muksin, salah satu korban banjir kepada reporter kalesang.id.

Kondisi rumah warga Desa Balbar, Dusun Baramadoe, RT04/RW01 telihat sudah digenangi air. (foto; Abdul)

“Banjir yang terjadi ini di karenakan selokan air yang kecil sehingga tidak bisa menampung air hujan yang mengalir. Karena selokan di jalan 40 lebih besar dari selokan yang disini,” ujarnya.

Hal senada juga dikeluhkan Haidin (42 tahun). Dikatakan, banjir yang terjadi ini bukan kali pertama tetapi sudah terjadi berulang kali. Bahkan, kawasan tersebut diguyur hujan deras dalam waktu 1 jam saja sudah digenangi air lebih dari 30 cm.

“Banjir seperti ini sudah terjadi, berulang kali kalau hujan lebih dari satu jam,” ujar Haidin yang juga selaku Ketua RT04 Desa Balbar.

Menurut warga setempat, persoalan ini sudah berulang kali dikeluhkan ke pihak Pemerintah Desa agar dapat menidaklanjuti dan diselesaikan namun hingga kini belum digubris. Sehingga itu, mereka berharap adanya perhatian dari pemerintah baik Kota Tidore Kepulauan maupun tingkat Provinsi Maluku Utara.(tr-08)

 

Reporter: Abdul Harik

Editor: Zulfikar

728×90 Ads