Membaca Realitas
728×90 Ads

Mahasiswa Ilmu Sejarah Unkhair Gelar Sosialisasi PHBS di Desa Tiowor

TERNATE, (Kalesang) – Mahasiswa Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Khairun Ternate, Provinsi Maluku Utara menggelar sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Tiowor Kecamatan Kao Teluk, Halmahera Utara pada Rabu 5/01/2022.

Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini, untuk mengikuti program yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Koordinator MBKM Program Studi Ilmu Sejarah Eka Mersita Sari Udin mengungkapkan program sosialisasi kesehatan merupakan program pokok yang diberikan oleh pihak kampus dalam rangka memberikan pengetahuan serta pemahaman polah hidup sehat ditengah pandemi.

“Sosialisasi PHBS ini program dari kampus, yang kita kembangkan, bertepatan dengan kondisi pandemi saat ini,” Ungkap Eka.

Eka juga menambahkan selain sosialisasi kesehatan PHBS, ada juga program pokok diantaranya Gerakan Literasi, Ilmu Sejarah Mengajar, Pentas Seni, Budaya, Profil Desa, Lomba Olahraga, Penghijauan 1000 Pohon, Sosialisasi Pendidikan dan Olah Pikir.

Sementara itu, Kepala Desa Tiowor Iskandar H. Karim mengatakan sangat berterimakasih dan mengapresisasi kegiatan sosialisi PHBS yang dilaksanakan oleh mahasiswa peserta MBKM Ilmu Sejarah Unkhair.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa, yang bekerja sama dengan kami dalam membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pola hidup sehat dan bersih,” Kata Iskandar.

Iskandar juga meyampaikan, kegiatan MBKM yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Ilmu Sejarah Unkhair mempunyai tujuan memperdayakan masyarakat melalui lingkungan dan SDM yang unggul, sehingga kegiatan ini sangat penting untuk dilaksanakan.

Terpisah, Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Jainul Yusup berharap semoga mahasiswa Ilmu Sejarah Unkhair dalam kegiatan sosilalisasi PHBS ini dapat membantu pemerintah desa dalam mengembangkan program-program desa serta memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Tiowor.

“Semoga karya dan dedikasi peserta MBKM Ilmu Sejarah Unkhair bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat kini dan nanti,” Ujar Jainul.

Dalam kegiatan ini juga, turut hadir Kepala Desa Tiowor, peserta MBKM, pihak Puskesmas Dum-Dum Kecamatan Kao Teluk, Halmahera Barat selaku pemateri yang bekerjasama dalam kegiatan sosialisasi PHBS tersebut. (tr-01)

Penulis: Rahmat Akrim
Editor: Ibrahim

728×90 Ads