Membaca Realitas
728×90 Ads

Sampah di Gamalama Mulai Dibersihkan

TERNATE (kalesang) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Ternate mulai mebersihkan sampah di kalimati (barangka) seputaran pasar Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah, Maluku Utara, Selasa (1/2/2022).

Pembersihan ditinjau langsung oleh Walikota Ternate, Tauhid Soleman.

“Alhamdulillah, sebagian kecil dibelakang rusunawa ini sudah dikerjakan.” Ujar Tauhid Soleman kepada wartwan di disela-sela peninjauaan.

Tauhid berharap, kedepannya tidak lagi ada kawasan kumuh. Nantinya semua akan ditertibkan agar bisa mengakses sampah dan dikelola Tempat Pembuangan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R).

“TPS3R nanti yang akan berfungsi untuk pengelolaan sampah di daerah Gamalama ini.” Cetusnya.

Di tempat yang sama, Kepala DLH Kota Ternate, Tonny S. Pontoh mengatakan, mengenai pemberian sanksi pembuagan sampah tidak bisa disampaikan secara person, karena sampah ini sudah ada selama 10-15 tahun yang lalau.

“Jadi sekarang kita benahi dulu, bersihkan dulu sampahnya.” Ujar Tonny.

Apabila dikemudian hari ruko-ruko membuang sampah sembarangan maka akan dikenakan sanksi pidana atau denda untuk masuk ke kas daerah.

“Awalnya sekarang yang ada kita perbaiki saja dulu, step by step.” Katanya.

Tonny juga menambahkan pihaknya akan terus melakukan pembenahan terkait sampah tersebut.

“Hari ini kita sudah mencoba pertamakali eksen, besok istrahat, lusanya kita bersihkan dulu selokan, kemudian di petakan beberapakali untuk dibersihkan.” Pungkasnya.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim
Editor: Zulfikar
728×90 Ads