Membaca Realitas
728×90 Ads

Malam ini Dibuka, 229 Peserta Akan Mengikuti MTQ Ke-XXIX Kota Ternate

TERNATE (Kalesang) – Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an yang ke XXIX di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

MTQ yang digelar di Hotel Vellya itu mengangkat tema “Mewujudkan Revolusi Mental Generasi Muda Kota Ternate Dalam Pemantapan Nilai Islam Rahmatan Lil alamin”  diikuti  229 peserta dari 8 kecamatan yang ada di Kota Ternate.

Ketua Panitia MTQ Kota Ternate, Mahdi Nurdin menjelaskan, dengan adanya MTQ ke XXIX ini pemerintah berharap ada perubahan kebaikan bagi generasi muda, bagaimana mengaktualisasi diri dalam upaya pengembangan musabaqoh.

“Dengan MTQ ini berharap ada lahir generasi-generasi muda islam di bidang keagamaan, sehingga lahir qori-qori baru untuk persiapan di tingkat provinsi maupun tingkat nasional.” Ujar Mahdi saat ditemui di lokasi MTQ, Kamis (10/2/2022).

Ada enam lomba, yang dipilah menjadi tujuh belas  mata lomba yang diikuti  anak-anak sampai dewasa.

“Kalau anak-anak kurang lebih 10 tahun, SD lah, dewasa tidak terbatas.” Tambah Mahdi.

peserta yang ikut yaknj, Kecamatan Moti  26 peserta, Ternate Utara 29 peserta, Batang Dua 22 peserta, Ternate Tengah 39 peserta, Ternate Selatan 38 peserta, Kecamatan Hiri 25 peserta, Ternate Barat 24 peserta dan Pulau Ternate 26 orang peserta.

Pembukaanya Jumat 11 Februari 2022 sedangkan lomba tiga hari,  Sabtu sampai Senin tanggal 14 Februari. “Sedangkan selasa itu persiapan penutupan.” Sambung Mahdi sembari menambahkan bahwa dewan hakim berproses itu di hari selasa.

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setda Kota Ternate Muhammad Iksan mengatakan arena lomba MTQ tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Permintaan dari tim gugus kita harus menyediakan selain hand sanitizer, masker, juga salah satu itu barcode. peduli lindungi.” Jelasnya.

Mantan lurah Gamalama itu juga mengatakan sudah mengantisipasi ruangan yang terbatas maka untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diundang hanya Kepala Dinas dan Sekretaris sementara peserta kecamatan dibatasi 20 hingga 25 orang.

“Prokes tetap diterapkan. ” Pungkas Iksan  (Tr-01)

 

Penulis: Rahmat Akrim| Editor: Wawan Kurniawan

728×90 Ads