Membaca Realitas
728×90 Ads

Lembaga Advokasi Perencanaan Pembangunan Gelar Dialog Publik

TERNATE (kalesang) – Dewan pengurus Society Centre Lembaga Advokasi Perencanaan Pembangunan menggelar dialog publik di Pendopo Bukit Pelangi Hotel Ternate, Maluku Utara, Sabtu (12/2/2022).

Dialog dengan tema “Menelisik Kualitas Pembangunan Infrastruktur Maluku Utara” itu menghadirkan beberpa narasumber diantaranya, Ketua Komisi III DPRD Maluku Utara Zulkifli Hi Umar, ST., MT., Akademisi Unkhair Dr. Aziz Hasyim, SE., M.Si., Team Leader Kotaku 8 OSP Maluku Utara, Syamsudin Genda, S.Kom dan Faisal Banapon selaku Peneliti Society Centre.

Syamsudin Ganda damalm paparannya menyampaikan bahwa, kualitas infrastruktur khususnya di Maluku Utara perlu dikaji ulang agar bisa difungsikan kembali. Sebab menurutnya banyak yang tidak berfungsi dengan baik.

“Bisa mencontohkan Kotaku. Setiap aspek bangunan tersebut mempunyai indikator-indikator tertentu untuk hal-hal evaluasi yaitu apa yang berkategori baik juga berfungsi atau tidaknya.” Ucapnya.

Hal senada juga diakui Zulkifli Hi Umar. Menurut dia, masih banyak infrastruktur di Maluku Utara yang belum tuntas pembangunannya.

Ia mencontohkan seperti terjadi di wilayah Falabisahaya dan Dofa Kabupaten Kepualauan Sula, wilayah Gane Kabupaten Halmahera Selatan dan wilayah Payahe Kota Tidore Kepulauan.

“Ini dikarenakan tidak ketersediaan atau kurangnya anggaran. Kalau perencanaannya maksimal didorong oleh pelaksanaan juga, dikejar ujungnya, tentu itu akan menghasilkan proses pembangunan yang baik.” Ujar Zulkifli.

Sementara itu, Faisal Banapon menyarankan untuk perencanaan pembangunan yang baik dimasa mendatang harus berangkat dari sebuah perencanaan yang matang yang dikaji dari berbagai aspek.(tr-07)

 

Reporter: Ikky Ahdian Umage
Editor: Zulfikar
728×90 Ads