Membaca Realitas
728×90 Ads

Puluhan Anak Asuh Dipulangkan ke Keluarga, Prioritas Anak Yatim Piatu

TERNATE (kalesang) – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Asuhan Anak Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara telah memulangkan puluhan anak asuh ke keluarga terdekatnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD Panti Sosial Budi Sentosa, Iwan M Saha mengatakan, di tahun 2021 ada 100 anak asuh. 20 anak diantaranya sudah selesa masa pelayanan. Sedangkan 6 anak lainnya melakukan pelanggaran yang tak bisa ditolerir.

“Rata-rata yang dikembalikan ini pada usia anak SMA. Setelah menyelesaikan sekolah pada jenjang SMA maka waktu pelayanan disini selesai, tetapi kita juga kerjasama dengan BLK dan kampus agar mereka mendapatkan bidikmisi jika mendaftarkan diri.” Kata Iwan, Senin (14/2/2022).

BACA JUGA: UPTD Panti Sosial Budi Sentosa Maksimalkan Pemenuhan Gizi Anak Asuh

“Sedangkan anak asuh yang melakukan pelanggaran ini sudah melalui tahapan seperti teguran dan pembinaan sudah kami lakukan, tetapi tidak ada perubahan maka kami kembalikan pada keluarga terdekatnya.” Sambung Iwan.

Iwan menambahkan, klien atau anak asuh saat ini diteima yakni yatim, piatu, yarium piatu, kurang mampu dan juga anak dari keluarga yang tidak harmonis.

“Sekarang yang tersisa disini ada 80 anak yang sebagian besarnya merupakan anak yatim piatu dan anak kurang mampu rata-rata usianya pada jenjang pendidikan SMA.” Bebernya.

Ditahun ini, pada Mei-Juli 2022 akan dibuka penerimaan anak asuh yang harus memenuhi syarat seperti, surat keterangan dari pihak kelurahan atau desa terkait, keadaan anak dan juga keterangan dari dinas sosial kabupaten/kota asal.

“Kuota yang bisa kami layani sebanyak 100 klien. Kalau ada lebih dari 100 orang yah mau tidak mau harus diterima.” Pungkasnya.(tr-02)

 

Reporter: Sitti Muthmainnah
Editor: Zulfikar
728×90 Ads