Membaca Realitas
728×90 Ads

KM Permata Obi Rute Ternate-Sanana Tunda Keberangkatan

TERNATE (kalesang) – Akibat ombak dan angin kencang, sejumlah kapal-kapal antar pulau di Maluku Utara tunda keberangkatan. Salah satunya KM Permata Obi dengan rute Ternate-Sanana Kabupaten Kepulauan Sula dan Ambon Maluku.

KM Permata Obi sedianya berlayar pada Selasa (22/2/2022) sore namun harus ditunda akibat cuaca buruk.

Sementara puluhan calon penumpang rela menunggu meski belum mendapat kepastian keberangkatan.

Bahkan kebanyakan dari mereka memilih lebih dulu naik ke kapal karena khwatir tertinggal. Mereka tetap bertahan makan dan minum di kapal.

“Kapal yang kami tumpangi ini sejak hari senin sore (berlabuh). Namun hari selasa ini belum juga berangkat kemungkinan cuaca kurang baik di perairan. Sebagai penumpang kami tetap menunggu kapanpun. Semoga cepat kembali normal.” Ujar Naser Soamole, salah satu calon penumpang KM Permata Obi tujuan Ternate-Sanana ketika ditemui di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate.

Sementara itu, Febri salah seorang ABK KM Permata Obi mengatakan, penundaan keberangkatan ini dikarenakan belum mendapat ijin berlayar dari petugas pelabuhan.

“Kami masih menunggu informasi dari petugas pelabuhan karena cuaca saat ini kurang baik sehingga kami pun tidak bisa memberanikan diri untuk berlayar. Harus ada ijin. Kapal Permata Obi ini berangkat dari Ternate tujuan Sanana.” Ungkap Febri.

Terpisah, BMKG Stasiun Kelas I Babullah Ternate telah mengeluarkan peringatan dini cuaca buruk untuk wilayah Maluku Utara termasuk Kabupaten Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu.

“Cuaca buruk ini hampir terjadi di semua wilayah Provinsi Maluku Utara. Potensi berpeluang terkadi hujan ringan hingga lebat di beberapa kabupaten/kota sehingga perlu diwaspadai.” Ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Kelas I Babullah Ternate, Fahmi A Bachda.

“Hujan dan angin kencang diperkirakan akan terjadi sore hingga malam nanti. Selain itu gelombang tinggi diperkirakan antara dua sampai empat meter.” Sambungnya.

 

Penulis: Tim Redaksi l Editor: Zulfikar
728×90 Ads