Membaca Realitas
728×90 Ads

Granat Tangan Peninggalan Portugis Ditemukan Warga Marikurubu

TERNATE (kalesang) – Sabtu (26/2/2022) pagi sekitar pukul 07:30, Udin Hi. Aziz warga RT 02/RW 01 Kelurahan Marikurubu, Kota Ternate, Maluku Utara, hendak berangkat ke kebun.

Sejak beberapa bulan lalu sejak pohon duriannya berbuah, hampir setiap akhir pekan Udin (40) selalu ke kebun miliknya untuk mengumpulkan durian yang jatuh.

Namum baru beberapa ratus meter berjalan dari kediaman, Udin keget melihat sebuah benda dari besi berbentuk bulat sebesar kepalan tangan orang dewasa, menyembul dari permukaan tanah.

Diduga karena gerusan air akibat hujan lebat sejak beberapa waktu lalu, ditambah kondisi tanah yang berada di kemiringan, membuat benda yang diduga granat tangan itu menyembul.

Semula Udin tidak curiga, namun karena penasaran ia berusaha menggali bagian yang tertimbun dan tampaklah detonator. Hal ini membuatnya panik. Ia lantas menghubungi Babinsa dan Babinkantibmas kelurahan yang langsung datang melakukan pengamanan.

Polisi dari Polsek Ternate Tengah bergerak cepat mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Selang beberapa saat Tim Jihandak Brimob Polda Malut, turun mengevakuasi benda tersebut.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Kombes Pol. M. Erwin menjelaskan, peledak jenis granat itu sudah diamankan di gudang peyimpanan markas Brimob Polda Malut.

“Benda itu sudah diamankan ke kantor,” jelas Erwin, Sabtu sore.

Menurutnya, granat yang ditemukan warga itu diduga kuat merupakan sisa peninggalan Portugis pada Perang Dunia ll, dan masih aktif serta membahayakan.(tr-06)

 

Reporter: Harisman Salim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads