Membaca Realitas
728×90 Ads

Komisi I Desak Pemkot Segera Terbitkan Perwali

TERNATE (Kalesang) – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate agar segera menerbitkan regulasi terkait petunjuk teknis pembentukan lembaga kemasyarakatan.

Hal ini disampaikan oleh wakil ketua komisi I, Zainul Rahman agar kedepan pengangkatan ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di lingkup kelurahan tidak terjadi persoalan dan pengangkatannya sesuai dengan petunjuk yang berlaku.

Menyusul, laporan warga lingkungan Melayucim di Kelurahan Makassar Barat, Kecamatan Ternate Tengah ke komisi I terkait pengangkatan ketua RT 001 dan 002 serta Ketua RW 002 secara sepihak yang diduga dilakukan oleh Lurah Makassar Barat.

“Kami menghimbau ke Pemkot untuk segera mungkin menerbitkan regulasi Perwali terkait pengangkatan tersebut.” Ujar Zainul saat diwawancarai kalesang.id, Rabu (2/3/2022).

Politisi Demokrat itu menjelaskan bahwa penerbitan regulasi peraturan walikota (Perwali) tersebut sebagai petunjuk teknis dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018.

“Dan kita akan mengawal itu supaya dalam waktu paling lambat 3 bulan sudah ada.” Katanya.

Ia juga menghimbau kepada jajaran wilayah kelurahan agar tidak dilakukan pengangkatan terlebih dahulu baik ketua RT maupun RW sembari menunggu Perwali yang nantinya diterbitkan oleh pemerintah.

“Ketika terjadi hal yang sama yakni pengangkatan RT ini, maka kami simpulkan tidak ada regulasi teknis peraturan pengangkatan RT dan RW itu.” Pungkasnya. (Tr-01)

 

Reporter : Rahmat Akrim | Editor : Wawan Kurniawan

728×90 Ads