Membaca Realitas
728×90 Ads

Alien Mus: Pulau Obi dan Pulau Mangoli Layak Dimekarkan

TERNATE (kalesang) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Maluku Utara (Malut) mendorong dua Pulau di Malut untuk dimekarkan, yakni Pulau Obi dan Pulau Mangoli.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPD Golkar Malut, Alien Mus saat menghadiri Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) I dan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Hotel Sahid Bela Ternate, Sabtu (19/3/2022).

“Kalau seandainya dibuka morotariumnya untuk Indonesia, terutama ada Provinsi Maluku Utara ya dua kabupaten yang harus kita dorong salah satunya Pulau Obi dan juga Pulau Mangoli.” Ujar Alien saat diwawancarai, Sabtu (19/3/2022).

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI itu mengatakan tetap optimis dan sudah dilihat bahwa ada penetapan untuk kabupaten apakah sebanyak 712 dan kalau memang 712 berarti disitu juga ada dua dari Provinsi Malut.

BACA JUGA: Hadapi Pilpres, Pileg dan Pilkada 2024, Golkar Mantapkan Konsolidasi

“Mungkin di tahun 2024 ada pengecualian, sekarang kan lex specialisnya ada di Papua jadi kita tidak bisa masuk kesitu karena itu adalah Otonomi Khusus (Otsus).” Jelasnya.

Namun, lanjut Politisi Golkar itu kalau memang ada kesempatan buka untuk kabupaten lain dan provinsi lain maka di Malut ada yang akan di dorong untuk dimekarkan.

“Dan saya akan mengawal itu di pusat.” Katanya.

Menurutnya, Pulau Obi dan Pulau Mangoli layak untuk dimekarkan menjadi sebuah kabupaten, karena jarak provinsi dengan kedua pulau tersebut jauh, sehingga jika dimekarkan maka mempermudah pelayanan masyarakat.

Alien bilang layak kelayakannya sendiri semenjak tahun 2006 telah diajukan ke pemerintah pusat dan jika di tahun 2006 itu sudah diajukan memang layak untuk dimekarkan.

“Saya akan mendukung itu, bukan dilihat dari kepentingan apapun memang harus dimekarkan karena lihat saja Pulau Obi dan Mangoli, jadi kalau dibilang pulau-pulau ya wajarlah.” Terang Alien.

Kata Alien, jika dimekarkan akan mengurangi beban dari provinsi soal penganggaran dan kemudian harus memiliki satu keunggulan.

“Anggaran tersebut akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Pulau Obi dan Pulau Mangoli.” Tutup Alien.(tr-01)

 

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads