Membaca Realitas
728×90 Ads

Vaksinasi Anak di Ternate Masih Rendah

TERNATE (kalesang) – Pencapaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) belum mencapai target bahkan terbilang cukup rendah.

Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate, Nurbaity Radjabessy bahwa vaksinasi anak usia 6-11 baru mencapai 10 persen atau sekitar 2.000 lebih dari target 21.000.

“Pertama orang tua anak belum mau, karena masih dengar hoax dan lain-lain.” Ujar Nurbaity saat diwawancarai, Senin (21/3/2022).

Nurbaity mengaku dalam sehari di masing-masing sekolah yang divaksin hanya 5 sampai 6 anak, walaupun demikian, dirinya mengaku tidak akan tinggal diam dan terus melakukan sosialisasi.

“Jadi sekarang ini tetap sosialisasi, ada yang mau kami vaksin.” Katanya.

Kata Nurbaity, untuk Kecamatan Batang Dua sudah mencapai 96 persen namun anak usia 6-11 tahun baru mencapai 28 persen, sementara Kecamatan Pulau Moti dan Kecamatan Pulau Hiri masih sangat rendah yakni 10 persen.

Sementara untuk orang lanjut usia (lansia) belum mencapai target, yakni baru 29 persen dari target 9.000, ini karena lansia rentan dengan penyakit komorbid atau penyakit bawaan.

“Jadi kalau ada komorbid kita tidak bisa suntik.” Jelas Nurbaity.

Ia juga berharap dari media massa agar ikut melakukan sosialisasi bahwasanya suntik atau vaksinasi tidak terjadi apa-apa dan sejauh ini dirinya mengaku tidak ada reaksi-reaksi lain yang dilaporkan usai vaksin.

“Ayo segera vaksin.” Ajaknya.(tr-01)

 

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads