Membaca Realitas
728×90 Ads

AKD DPRD Kota Ternate Berganti, Begini Komposisi Baru Masing-Masing Komisi

TERNATE (Kalesang) – Rolling jabatan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara resmi berganti, Jumat (25/3/2022).

Rolling AKD pada jabatan strategis para anggota DPRD ini sesuai amanat Peraturan DPRD Kota Ternate No 1 Tahun 2020 tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD yang menegaskan bahwa masa jabatan ketua komisi, wakil ketua dan sekretaris komisi yakni selama 2 tahun 6 bulan.

Ketua komisi I DPRD Kota Ternate, Mochtar Bian menyampaikan bahwa komisi I sudah melakukan pertemuan di Ruang Fraksi Adil Makmur terkait dengan AKD DPRD komisi I.

“Jadi secara musyawarah teman-teman anggota komisi I mereka mengangkat kembali saya sebagai ketua, untuk itu saya tetap lanjut.” Ujar Mochtar saat diwawancarai, Jumat (25/3/2022).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan berdasarkan hasil musyawarah, pada komposisi komisi I yang berganti hanyalah wakil ketua.

“Perubahannya hanya di posisi wakil ketua, yang sebelumnya ditempati Zainul Rahman kemudian digantikan Haryanto Hanadar.” Sebut Mochtar.

Hal yang sama juga terjadi pada komisi II DPRD Kota Ternate, bahwa jabatan ketua komisi masih tetap diduduki Mubin A Wahid, sementara wakil ketua komisi II terpilih yakni Makmur Gamgulu menggantikan posisi Ali Syarif.

“Pergantian alat kelengkapan itu biasa-biasa saja, komisi II selesai, semua bersepakat memilih kembali Pak Mubin, karena memang kinerja beliau teruji.” Ungkap politisi Golkar itu.

Sementara komposisi di komisi III DPRD Kota Ternate sama sekali tidak berganti, yakni ketua dipimpin oleh Anas U Malik dan wakil ketua H. Fachri Badar.

“Tidak ada yang berubah, masih skema lama.” Ugkap Anas U Malik.

Meskipun begitu, baik dari komisi I, II dan juga komisi III DPRD Kota Ternate masih ada beberapa pekerjaan rumah yang perlu ditingkatkan sebagai fungsi pengawasan terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate. (tr-01)

 

Reporter : Rahmat Akrim | Editor : Wawan Kurniawan

728×90 Ads