Membaca Realitas
728×90 Ads

Camat se-Kota Ternate Bertandang ke Kejaksaan Negeri, Ada Apa?

TERNATE (Kalesang) – Guna mendukung program Kejaksaan Angung (Kejagung) terkait Rumah Restorative Justice (RRJ), Camat se- Kota Ternate bertandang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Ternate, Maluku Utara, Jumat, (25/3/2022).

Tujuan program ini agar langkah penyelesaian perkara bisa berjalan secara cepat, sederhana dan murah.

Ketika ditemui oleh kalesang.id, Camat se-Kota Ternate yang diwakili Camat Ternate Tengah, Yusup Djamal, mengatakan kedatangan mereka (para camat) selain bersilahturahmi dengan Kepala Kejari (Kajari) Ternate sekaligus mendukung program RRJ.

“Program sangat baik dan kita (para Camat bisa mendapatkan informasi yang jelaa terkait program tersebut,” ungkap Yusup.

Jadi program yang dicanangkan Kejaksaan ini menurutnya sangat membantu, kerena bisa menjadi satu medium di lingkungan kelurahan dalam menyelesaikan segala pertikaian (perkara) sebelum naik ke ranah hukum.

“Dan hasil pertemuan kami dengan Pak Kajari Ternate, RRJ akan dicanangkan di Kelurahan Kalumata Kecamatan Ternate Selatan, pada tanggal 30 Maret 2022 pekan depan,” jelas Yusup.

Yusup mengatakan, dari pencanangan tersebut secara tidak langsung sudah merupakan representasi dari delapan kecamatan se- kota Ternate.

“Karena sudah secara langsung terbentuk RRJ di setiap Kelurahan yang ada di delapan kecamatan,” katanya.

Yusuf juga menambahkan bahwa dalam pertemuan itu,

Kajari Ternate Abdullah, berharap agar kebudayaan lokal atau kearifan lokal Ternate khususnya dapat diangkat untuk dieksploitasi dalam dinamika kehidupan yang  lebih kompleks.

“Kami berharap pendekatan hukum melalui kearifan lokal dapat menjawab tantangan, mampu kondisi kehidupan  Kota Ternate yang lebih baik.” Tutupnya. (Tr-7)

 

Reporter : Ikky Ahdian Umage | Editor : Wawan Kurniawan

728×90 Ads