Membaca Realitas
728×90 Ads

Ini 5 Menu Buka Puasa untuk Anda yang Menderita Asam Lambung

Kalesang.id – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh penderita asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan agar saat berpuasa asam lambung tidak kambuh. Salah satunya adalah bijaksana dalam memilih menu makanan.

Memilih menu makanan yang akan disantap penderita asam lambung pada saat berbuka puasa dan sahur wajib dilakukan.

Penyakit asam lambung dapat kambuh saat seseorang salah mengkonsumsi makanan. Makanan seperti roti, makanan pedas, asin, dan juga gorengan menjadi beberapa hidangan yang sebaiknya Anda hindari jika tak ingin asam lambung naik.

Dilansir dari laman cnnindonesia.com merangkum dari berbagai sumber pilihan menu buka puasa untuk penderita asam lambung agar tak kambuh. Patut Anda coba.

  1. Smoothies Pisang

Salah satu jenis buah yang aman untuk penderita asam lambung adalah pisang. Pisang memiliki kadar keasaman yang sangat rendah. Selain itu, pisang juga buah kaya kalium dan serat yang penting bagi penderita asam lambung.

Buah-buahan seperti jeruk, nanas, tomat, dan juga apel merupakan buah-buahan yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung.

  1. Kentang Tumbuk

Kentang tumbuk atau yang lebih dikenal dengan nama mashed potato menjadi salah satu menu yang dianjurkan bagi para penderita asam lambung. Tekstur dari mashed potato yang lembut tak terlalu membebani kerja lambung.

Selain itu, kentang juga memiliki senyawa alkali. Senyawa ini sangat penting bagi penderita asam lambung karena mampu menetralkan asam dan juga mencegah asam lambung naik. 

Perlu diperhatikan, bahwa kentang harus diolah dengan dikukus atau direbus, bukan digoreng. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan asam lambung.

  1. Ikan Panggang

Ikan panggang menjadi menu buka puasa untuk penderita asam lambung berikutnya. Selain kaya akan protein, ikan juga tinggi Omega-3 yang penting bagi tubuh.

Berbeda dengan sumber protein hewani lainnya yang memiliki kandungan lemak yang tinggi, kandungan lemak yang terdapat pada ikan cukup rendah. Selain dipanggang, Anda juga bisa mengolah ikan ini dengan cara dikukus atau direbus.

  1. Sayur Bening Bayam

Bayam adalah sayuran yang dianjurkan untuk penderita asam lambung. Bayam kaya akan kandungan zinc yang memiliki fungsi sebagai pencegah sekresi asam lambung. Anda bisa mengolah bayam ini menjadi sayur bening.

Beberapa jenis sayuran seperti nangka muda, kol, lobak, dan sawi sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu bahan makanan yang sangat kaya akan kandungan serat dan juga berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh. Hal inilah yang membuat oatmeal sangat bagus untuk menjaga kesehatan organ pencernaan manusia.

Agar oatmeal ini menjadi lebih lezat, Anda bisa menambahkannya dengan buah pisang yang juga cocok untuk penderita asam lambung.

Itulah beberapa menu buka puasa untuk penderita asam lambung agar tak kambuh yang bisa Anda coba.(redaksi)

728×90 Ads