Membaca Realitas
728×90 Ads

Aksi BBM Jilid 2 di Ternate, Puluhan Mahasiswa Diamankan Polisi

TERNATE (kalesang) – Ribuan mahasiswa di Kota Ternate, Maluku Utara kembali menggelar aksi penolakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Senin (18/4/2022).

Pantauan kalesang.id, aksi dimulai pukul 10:30 WIT di Jln. Bandar Udara Sultan Babullah, Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara dan berakhir pukul 18:00 WIT di  depan Kantor Walikota Ternate, Jln. Pahlawan Revolusi, Kelurahan Gamalama, Kecamatan Ternate Tengah.

Aksi ini berakhir bentrok antara petugas kepolisian dengan mahasiswa. Pemicunya madalah assa aksi yang memaksa masuk ke area Bandara dan juga halaman Kantor Walikota Ternate yang telah dibentengi dengan kawat duri.

Kondisi ini memaksa polisi melepaskan tembakan gas air mata untuk memukul mundur massa aksi karena terjadi saling lempar baru.

Akibatnya, puluhan mahasiswa harus diamankan aparat kepolisian yang melakukan pengamanan aksi tersebut.

BACA JUGA: Blokade Bandara, Mahasiswa di Malut Minta Jokowi Turunkan Harga BBM

Kapolres Ternate, AKBP. Andik Purnomo Sigit membenarkan adanya penangkapan massa aksi tersebut karena massa melakukan penyerangan terhadap petugas.

“Dibubarkan karena melakukan penyerangan terhadap aparat.” Ungkpanya kepada wartawan di halaman Kantor Walikota Ternate.

Kapolres menjelaskan, sebanyak 36 orang massa aksi yang diamankan. 22 diantaranya massa aksi di depan kantor Walikota Ternate, sedangkan 14 orang diamankan di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate.

“Jadi jumlah semua itu ada 36 orang kalau digabungkan.” Ujarnya.

Massa yang diamankan itu akan didata kembali untuk mencari tahu keterlibatan mereka dalam aksi tersebut. Pendataan ini akan dilakukan di Mapolres Ternate.

“Maka dari itu, untuk memastikan mereka yang diamankan itu terduga provokator atau tidak, nanti  kita lihat dari hasil pemeriksaan.” Tegasnya.

Andik juga mengimbau kepada mahasiswa agar menyampaikan aspirasi dengan tertib dan tidak anarkis.(tr-07)

 

 

Reporter: Ikky Ahdian Umage l Editor: Zulfikar
728×90 Ads