Inilah Keuntungan yang Diperoleh PSG Setelah Mengaet Lionel Messi
JAKARTA (kalesang) – Meski Paris Saint-Germain (PSG) dikabarkan harus membayar gaji bersih mencapai 40 juta euro atau setara dengan Rp625 miliar per musimnya, tak lantas membuat mereka gentar. Karena sejak awal para petinggi PSG sudah memprediksi berapa keuntungan yang bisa mereka dapatkan.
Pasalnya, Lionel Messi sebagai salah satu pemain terbaik di dunia memiliki nilai komersial yang tinggi. Faktor itulah yang kemudian membuat PSG berani mendatangkannya di awal musim 2021/2022.
Chief Partnership Officer PSG, Marc Armstrong berbicara kepada Marca mengenai apa saja yang mereka bisa maksimalkan ketika Messi datang. Seperti dikutip dari VIVA Bola, banyak pertumbuhan di beberapa sektor, termasuk dari sponsor. “Kami melihat pertumbuhan di area di mana kami dapat mencapai kesepakatan antara 3 hingga 5 juta euro, kemudian naik jadi 5 hingga 8 juta euro,” kata Armstrong.
Presiden PSG Nasser al Khelaifi mengatakan kepada Marca bahwa PSG telah menghasilkan pendapatan hampir € 700 juta (Rp10 Triliun rupiah lebih) sejak kedatangan Messi. Messi bergabung dengan PSG dari Barcelona dengan status bebas transfer musim panas lalu.
Pemain berusia 35 tahun itu berjuang untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, dengan hanya mengantongi 11 gol dan 15 assist dalam 34 pertandingan di semua kompetisi.
Raksasa Ligue 1 juga telah menambahkan sepuluh sponsor baru ke dalam barisan mereka sejak kedatangan Messi.
Lantas sektor apa saja yang jelas mendapat dampak positif dari kedatangan Messi?
1.Penjualan Jersey Sejak kedatangan Messi, penjualan jersey PSG ada kenaikan. Klub jadi bertambah pemain bintangnya, setelah Kylian Mbappe dan Neymar pada musim sebelumnya juga memberi pemasukan besar.
Lebih dari 1 juta jersey PSG terjual, di mana 60 persen merupakan nomor punggung 30 yang dikenakan oleh Lionel Messi. Ini adalah catatan bagus untuk penjualan dalam semusim.
2. Dampak Media Sosial Media sosial milik PSG juga mendapatkan dampak positif setelah kedatangan Messi. Mereka mendapat tambahan 15 juta pengikut di semua platform dan melampaui angka 150 juta untuk kali pertama. “Kami mendapatkan rata-rata 1,4 juta per pekan dan merupakan klub pertama dari Prancis yang mencapai 10 dan 20 juta pengikut TikTok atau jenama Prancis teratas di Instagram,” tutur Armstrong.
3. Pendapatan Tiket Melonjak Adanya Messi dalam skuad PSG membuat penjualan tiket di stadion melonjak tajam. Mereka bahkan harus menaruh banyak orang dalam daftar tunggu pemesanan. Armstrong mengatakan setiap pertandingan mereka, tiketnya terjual habis. Ini menjadi pendapatan yang tinggi, bahkan dibanding klub Eropa lainnya.
4. Jumlah Sponsor Meningkat Messi datang, sponsor pun datang. Mereka mencatatkan pertumbuhan sponsor mencari 13 persen. Setidaknya ada 10 kontrak dari sponsor baru untuk PSG. Daya tarik Messi tak dimunkiri oleh Armstrong memikat banyak jenama papan atas dunia. Mereka mendapatkan kerja sama dengan Dior, Big Cola, Infinity Sports Water, dan lain-lain.(tim)