Manfaatkan Platfom Digital, Dosen Unkhair Gelar Sosialisasi Untuk Guru
TERNATE (kalesang) – Dosen Informatika Universitas Khairun (Unkhair) Mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital untuk Guru Madrasah Ibtidaiyah MIS Fathul Munir Kota Ternate. Jumat (03/04/2024),
Pemanfaatan platform digital dalam konteks pembelajaran telah menjadi fokus utama di era digital saat ini. Dengan teknologi yang terus berkembang, peluang baru muncul bagi pendidikan untuk menjadi lebih interaktif, inklusif, dan efisien.
Pada Dosen Informatika Universitas Khairun melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) menyelenggarakan sosialisasi tentang pemanfaatan platform digital bagi guru Madrasah Ibtidaiyah MIS Fathul Munir di Kota Ternate. Acara ini berlangsung di Dufa-dufa Ternate Utara.
Tim PKM terdiri dari Syarifuddin N. Kapita, Abdul Mubarak, dan Dr. Assaf Arief, yang merupakan dosen, serta dua mahasiswa lainnya, yaitu Riski Pratama dan Fil Ardi Y. Barakati.
Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Fathul Munir, Sutisna Abdul Latief. Selanjutnya, dosen Informatika Unkhair memberikan presentasi dan demonstrasi langsung tentang penggunaan platform digital tersebut.
Para guru juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya mengenai penggunaan platform digital dalam pembelajaran.
Syarifuddin N. Kapita, selaku ketua dari tim PKM, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan dan meningkatkan pemahaman guru-guru Madrasah Ibtidaiyah Fathul Munir tentang pemanfaatan platform digital dalam pembelajaran.
“Mereka diperkenalkan dengan berbagai platform digital seperti Google Classroom, Edpuzzle, Quizizz, Kahoot!, dan lain sebagainya. Para peserta juga diberikan pengetahuan tentang cara efektif menggunakan platform tersebut dalam proses mengajar.” Jelasnya.
Menurut Kapita, dengan memanfaatkan platform-platform ini, guru dapat mengakses sumber daya pembelajaran secara online, memperluas materi pelajaran, dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa.
“Platform ini juga memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, memungkinkan guru untuk terhubung dengan siswa di mana pun mereka berada, serta memberikan kemudahan dalam menugaskan tugas, memberikan umpan balik, dan melacak kemajuan belajar secara real-time”. Ungkapnya.
Dengan demikian, pemanfaatan platform digital membuka pintu bagi pengajaran yang lebih adaptif, kolaboratif, dan berorientasi pada hasil belajar, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Penulis: Yunita Kaunar