Kebakaran di Bastiong Karance, PLN UP3 Ternate Tanggap Normalkan Sistem Kelistrikan
TERNATE (kalesang) – Kebakaran 3 rumah warga di RT 003/RW 01 Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara, berdampak pada sistem operasional 1 unit trafo 200 KVA. PLN UP3 Ternate pun tanggap normalkan sistem kelistrikan.
General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula menyampaikan, pihaknya selalu siap siaga terutama dalam situasi darurat. Kata Awat, trafo yang terdampak kebakaran merupakan sistem krusial yang menyuplai pasokan listrik di kawasan Bastiong.
“Tidak ada yang bisa memprediksikan kapan musibah itu bisa terjadi. Namun, kami selalu siaga agar bisa meminimalisir segala dampak yang ada. Begitu ada musibah ini, kami perintahkan pasukan yang siaga untuk bergerak cepat memantau seperti apa dampaknya ke sistem kelistrikan kami.” Terang Awat, Jumat (24/5/2024).
“Tim kami di lapangan bergerak cepat mengatasi gangguan dengan peralatan back up. PLN menginstal satu unit Gardu Bergerak 400 KVA untuk backup sistem yang padam.” Ujarnya.
BACA JUGA: 3 Rumah Warga di Ternate Hangus Terbakar
Sementara, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ternate Selatan, Hadi Dwi Istiono mengakui, begitu petugas PLN turun ke lapangan, tak lama sistem kembali normal.
“Alhamdulillah pasokan listrik kembali normal. Kami berjibaku agar masyarakat dengan segera menikmati listrik lagi.” Kata Hadi.
BACA JUGA: Sekda Ternate Beri Bantuan untuk Korban Kebakaran di Bastiong Karance
Tak hanya trafo, petugas juga mengamankan instalasi kabel dan komponen lain yang terdampak kebakaran, agar aman bagi masyarakat dan menghindari risiko sengatan listrik.
“PLN UP3 Ternate akan terus mengasesmen potensi risiko dan memastikan seluruh aset serta peralatan supply kelistrikan tetap aman dan sesuai prosedur keselamatan yang berlaku.”
Hadi menambahkan, apabila ada kendala sistem kelistrikan dan ingin melaporkan kepada PLN, pelanggan dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile dan mengakses fitur pengaduan.
“Pelanggan tidak perlu datang ke kantor lagi untuk melapor. Semuanya sudah terpantau secara real time di aplikasi PLN Mobile. Begitu ada laporan, segera kami tindaklanjuti.” Ujar Hadi.
Reporter: Rahmat Akrim
Editor: Redaksi