Membaca Realitas

Inovasi ‘Si Batagi’, Tingkatkan Sektor Retribusi Melalui Sistem Digitalisasi

TERNATE (kalesang) – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasim menggagas proyek perubahan (proper) ‘Si Batagi’ atau Sinergitas Penertiban Retribusi Dengan Giat.

Proper ini merupakan gagasan bagi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XIII Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Untuk mematangkan proper tersebut, Mochtar menggelar Rapat Pembentukan Tim Kerja Efektif dan Focus Group Discussion (FGD) yang berpusat di Aula Lantai III Kantor Walikota Ternate, Selasa (6/8/2024) siang.

Plh. Wali Kota Ternate, Rizal Marsaoly yang juga selaku mentor dari Mochtar Hasim turut memberikan dukungan serta apresiasi atas gagasan inovatif dari reformer, dengan harapan dapat memaksimalkan retribusi parkir dan meminimalisir kebocoran.

Ia juga berharap, melalui proper tersebut ada perubahan antara sebelum dan sesudah diimplementasikan di lapangan baik di Kelurahan Gamalama maupun di Kelurahan Bastiong.

“Semua titik yang memiliki potensi kebocoran harus dihilangkan, jadi tinggal reformer ini melakukan analisa terhadap titik-titik yang memiliki potensi tetapi tidak dikelola secara profesional.” Ujar Rizal.

“Inovasi ini juga saya berharap dapat mewujudkan Ternate Smart City dengan melakukan penagihan menggunakan sistem digitalisasi,” sambungnya.

Sementara itu, Mochtar Hasim menjelaskan, tujuan dari “Si Batagi” sendiri yaitu meningkatkan pelayanan melalui transformasi digital pemerintah smart servis, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi.

“Selain itu, melalui “Si Batagi” Dishub akan memberdayakan para juru parkir (Jukir) liar dengan memfasilitasi mereka untuk melakukan penagihan dengan sistem digital.” Katanya.

Dia juga meminta dukungan semua pihak untuk mendukung proper “Si Batagi” demi memaksimalkan pendapatan sekaligus memberdayakan Jukir liar pada sejumlah lokasi yang memiliki potensi PAD.

“Saya berharap proper ini dapat meningkatkan pelayanan melalui transformasi digital pemerintah smart servis, dengan pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi.” Pungkasnya.

Reporter: Rahmat Akrim 

Editor: Redaksi