Membaca Realitas

Tingkatkan Layanan Inklusif, SLB Negeri Ternate Fokus Kembangkan Potensi Siswa

TERNATE,Kalesang – Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Ternate, Maluku Utara, terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus,Rabu (3/12/2025).

Di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Rosmita Abd. Salam, sekolah ini berupaya menghadirkan layanan pendidikan yang tidak hanya sesuai kurikulum, tetapi juga ramah, inklusif, dan mendukung perkembangan setiap peserta didik.

Rosmita menyampaikan, pendidikan inklusif di SLB Negeri Ternate diarahkan untuk mengoptimalkan potensi siswa tanpa memandang keterbatasan yang dimiliki.

“Setiap anak memiliki keunikan dan potensi yang harus dikembangkan. Kami berusaha memberikan pembelajaran sesuai kebutuhan masing-masing siswa agar mereka dapat berkembang secara maksimal dan siap menghadapi masa depan,” ujarnya.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan akademik dan sosial siswa, sekolah telah menjalankan sejumlah program, di antaranya pelatihan keterampilan hidup, pembelajaran berbasis teknologi, serta berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan seluruh siswa. Program-program tersebut dirancang untuk membantu siswa berkembang secara menyeluruh, baik dari sisi pengetahuan, sikap, maupun keterampilan.

Rosmita juga menekankan pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus.

“Kerja sama yang baik dengan orang tua sangat penting untuk memantau perkembangan anak dan memberikan dukungan penuh agar mereka dapat belajar dengan nyaman dan optimal,” katanya.

Selain itu, pihak sekolah secara berkelanjutan mengupayakan peningkatan kompetensi guru melalui berbagai pelatihan agar lebih peka terhadap kebutuhan belajar siswa. Dari sisi sarana prasarana, SLB Negeri Ternate juga telah dilengkapi fasilitas yang ramah disabilitas guna menunjang kenyamanan dan efektivitas proses pembelajaran.

Dengan berbagai upaya tersebut, SLB Negeri Ternate diharapkan terus memberikan kontribusi positif bagi perkembangan anak-anak berkebutuhan khusus di Kota Ternate serta menjadi contoh penerapan pendidikan inklusif bagi sekolah-sekolah lainnya di wilayah Maluku Utara.

Reporter : Airin A.Taher

Redaktur : Caca