Membaca Realitas
728×90 Ads

171 Ponsel Milik Warga Binaan Rutan dan Lapas di Malut Dimusnahkan

TERNATE (kalesang) – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Devisi Pemasyarakatan memusnahkan ratusan ponsel berbagai merek, Selasa (18/1/2022).

Barang yang dilarang berada ditangan warga binaan rumah tahanan (Rutan) maupun lembaga pemasyarakatan (Lapas) itu merupakan hasil razia tahun 2021, dimusnahkan dengan cara dibakar.

“Ada 171 Handphone. Ini merupakan hasil razia sepanjang Januari-Desember 2021. Pemusnahan disaksikan oleh masing-masing UPT Lapas dan Rutan se-Maluku Utara.” Kata Teguh Wibowo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku Utara kepada wartawan usai pemusnahan.

BACA JUGA: Kemenkumham Malut Teken Janji Kerja dan Komitmen Zona Integritas Tahun 2022 

Teguh menyatakan, pemusnahan ini merupakan komitmen untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan terjadi di dalam Lapas maupun Rutan.

“Kedepan saya harap agar pengawasan bisa lebih diperketat sehingga penyeludupan barang terlarang bisa lebih sedikit atau bahkan tidak ditemukan lagi,” ucapnya penuh harap.

Dari 171 handphone itu, paling banyak ditemukan di Lapas Kelas II.A Ternate. Paling sediki di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ternate.

“Modus yang diselundupkan ke Lapas dan Rutan termasuk keterlibatan oknum petugas.” Beber Teguh.

Olehnya itu, Teguh menegaskan tidak akan mentolelir jika ada keterlibatan oknum petugas.

“Yang pasti kalau sampai ada oknum dan itu ditemukan maka saya pastikan akan tindak tegas dan tidak main-main.” Tegasnya.(tim)

 

Editor: Zulfikar
728×90 Ads