Membaca Realitas
728×90 Ads

Siswa Berkeliaran di Jam Sekolah, Ini Kata KaDisdik

TERNATE (kalesang) – Belakangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Ternate terus melakukan razia di seputaran Kota Ternate, Maluku Utara.

Alhasil, dalam razia beberapakali siswa yang berkeliaran saat jam sekolah terjaring.

Beberapa waktu lalu,  beberapa siswa  ditemukan sedang bermain biliar saat jam sekolah di salah satu hotel  di Kota Ternate.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate Muslim Gani mengemukakan, ada tigal hal penting untuk pendidikan di Kota Ternate yakni merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi.

“Untuk evaluasi ini juga ada tiga, evaluasi menyangkut pengetahuan, sikap dan keterampilan.” Ujar mantan pengawas sekolah madya tingkat menengah Disdik Kota Ternate itu, Rabu (9/2/2022).

Saat ini sistem pendidikan katanya  lebih menekankan pada pengetahuan. Makanya  kedepan harus ada keseimbangan baik pendidikan karakter dan pendidikan keterampilan.

“Sehingga anak-anak yang bermain biliar tadi bisa diarahkan kepada pendidikan keterampilan.” Katanya.

Untuk pendidikan karakter, Muslim menjelaskan sangat berkaitan dengan karakter siswa dan sikap siswa, yang selama ini hanya berfokus pada penilaian tapi tidak melihat lebih jauh bagaimana sikap anak.

“Kedepan sikap dan karakter siswa menjadi prioritas, sehingga ada keseimbangan pendidikan pengetahuan, keterampilan karakter dan pendidikan keterampilan.” Tegas Muslim.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim
Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads