Membaca Realitas
728×90 Ads

Musrenbang Kecamatan Ternate Utara Digelar

TERNATE (kalesang) – Setelah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Ternate Tengah digelar di Muara Hotel Senin (14/2/2022) kemarin.

Selasa (15/2/2022) Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menggelar Musrenbang Kecamatan Ternate Utara tepatnya di Restoran Bukit Bintang, Kelurahan Dufa-Dufa Kota Ternate, Maluku Utara.

Walikota Ternate, DR. M Tahuid Soleman mengapresiasi kehadiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate dalam Musrenbang itu.

“Karena kita membaca filosofi Musrenbang adalah pengawalan, jadi bukan lobi tapi pengawalan.” Ujar Tauhid saat sambutan Selasa (15/2/2022).

Menurutnya, sebuah perencanaan bisa g’ol’ di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) membutuhkan akselerasi baik camat, lurah dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Selaras dengan aspirasi yang dibawa oleh teman-teman dari DPRD.” Tambahnya.

Lanjut orang nomor satu Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate itu tidak mungkin melihat bahwa mana yang menjadi usulan perorangan dari DPRD dengan usulan masif dari masyarakat.

“Kita tidak bisa memandang seperti itu, harus dibaca dalam satu perjalanan perencanaan pembangunan yang ada di suatu daerah, harus seperti itu.” Jelas Tauhid.

Politisi NasDem itu juga berharap pada tahapan berikut forum SKPD rekan-rekan dari DPRD agar terus mengikuti dan mengawal sampai tingkat Musrenbang Kota Ternate, sehingga pokok-pokok pikiran (pokir) yang menjadi bagian dari aspirasi DPRD bisa berbanding lurus dengan aspirasi yang dibawa oleh delegasi kelurahan.

“Untuk itu saya sampaikan terimakasih atas kehadiran tiga anggota DPRD Kota Ternate.” Ujar Tauhid.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan akan melibatkan seluruh anggota DPRD sesuai wilayah daerah pemilihan (Dapil).

“Tujuan pelibatan ini tidak lain bagaimana menjaga konsistensi usulan lewat reses teman-teman DPRD dengan yang apa yang dibawa oleh pihak delegasi.” Ujar Rizal.

Rizal bilang, usulan-usulan yang dibawa akan direkap dan diberikan ke ketua-ketua komisi DPRD sehingga tidak ada yang tumpang tindih.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim
Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads