Membaca Realitas
728×90 Ads

Tambat Speedboat di Areal Siantan kini Dikelola TPQ

TERNATE (kalesang) – Area tambat speedboat di kolam air laut Siantan tepatnya di jembatan depan Pelabuhan Semut Mangga Dua Kota Ternate, Maluku Utara ternyata tidak gratis.

Ditelusuri Kalesang.Id, tambatan speedboat awalnya dikelola sejak beberapa tahun silam oleh Alan (46) warga setempat, jauh sebelum rumah di sekitarnya ada dan saat itu belum ada reklamasi dan masih area pantai.

Alan yang juga memiliki 2 unit speedboat yang disewakan untuk wisata juga ditambat di area tersebut.

Lokasi tambat yang strategis dan aman dari ombak, membuat pemilik speedboat yang lain tertarik untuk menambatkan speedboat mereka di lokasi itu.

“Biasanya speedboat yang parkir di area ini kebanyakan milik orang dari luar, hanya saja yang motoris speeboat warga sekitar area.” Ungkap Alan. Senin (14/2/2022).

Tak gratis, agar bisa menambatkan speedboat di lokasi itu, pemilik wajib membayar tarif sebesar Rp20 ribu/hari. Harga ini termasuk jaminan keamanan agar tidak ada barang yang hilang.

Namun, sejak sebulan terakhir pengelolaan lokasi diserahkan ke pihak Taman Pengajian Qur’an (TPQ) atas kesepakatan warga sekitar.

“Saya pikir bagus, jika dikelola langsung oleh TPQ (Taman Pengajian Qur’an), supaya bisa membiayai para Ustadz mengajar anak-anak mengaji.” Ungkap Alan.(tr-07)

 

Reporter: Ikky Ahdian Umage
Editor: Wawan Kuniawan
728×90 Ads