Membaca Realitas
728×90 Ads

Pemuda Karance Gunakan Lahan Kosong Untuk Usaha Parkir

TERNATE (kalesang) – Manfaatkan lahan kosong pemuda RT 04 Kelurahan Bastiong Karance, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate, Maluku Utara membuka usaha tempat parkir.

Amatan Kalesang Rabu (16/2/2022) terlihat ratusan motor dan beberapa mobil dititipkan di tempat parkir.

Riski Abubakar salah seorang pengelola tempat parkir kepada kalesang.id menjelaskan, parkiran dibangun tahun 2014 lalu. Ini inisiatif dari mantan ketua RT, Almarhum Minggu, dan Ketua Pemuda Muslim Sail.

Untuk membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda yang belum memiliki pekeejaan.

Ketua Rt 04 dan Pak Muslim Sail Ketua pemuda Bastiong karance untuk pemuda yang belum mendapatkan pekerjaan.

“Dong (mereka) buat untuk kami khusus RT 04 supaya pemuda ada penghasilan.” Bebernya.

Temannya Isra Sangaji mengatakan pendapatan parkir tidak menenentu, tapi mereka ditarget dalam sehari pemasukan Rp250 ribu. Jika ada hari yang pemasukannya kurang, maka akan ditambahkan dari pendapatan lebih di hari lain.

“Biasanya pendapatan lebih. Kalau lebih target berarti buat beli rokok.” Terangnya.

Lanjut Isra, saat ini ada 5 pemuda yang bertugas bergantian untuk menjaga parkiran. Untuk tarif, sepeda motor dipatok Rp5 ribu perhari. Sementara mobil Rp10 ribu per harinya.

“Kalau suda bermalam berarti hitung motor Rp10 ribu dan mobil Rp20 ribu.” Ucapnya.

Setiap harinya, uang dikumpul ke ketua kelompok dan diterima tiap bulan. Masing-masing orang menerima Rp1 juta. Sisanya disetor ke ketua pemuda untuk jaga-jaga jika ada kerusakan fasilitas parkir.

“Rata-rata yang titip kendaraan adalah pegawai yang kerja di Tidore. Tapi ada juga dari daerah lain di Halmahera.” Tukas keduanya sembari menambahkan, mereka akan bertangungjawab jika ada barang kendaraan yang rusak atau hilang selama dititipkan.(tr-06)

 

Reporter : Harisman Salim | Editor : Wawan Kurniawan
728×90 Ads