Membaca Realitas
728×90 Ads

7 Jam Terombang-ambing di Laut, Nelayan Kukupang Halsel Berhasil Diselamatkan

TERNATE (kalesang) – Tim SAR gabungan Unit Siaga Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Maluku Utara yang terdiri dari TNI/Polri, Basarnas dan KUPP berhasil mengevakuasi seorang nelayan yang terombang-ambing kurang lebih 7 jam di perairan Pulau Kukupang, Selasa (22/2/2022).

Kasi Ops Kantor Basarnas Ternate, Bram Madya mengatakan, nelayan itu atas nama Muhamad Ritno (38). Korban ditemukan dalam keadaan selamat.

Kronologinya, korban meminta pertolongan pada pukul 16:55 WIT. Laporan diperoleh dari seorang anggota Den POM TNI-AD bernama Johan.

“Bahwa ada satu nelayan meminta bantuan untuk dievakuasi karena romponnya dihantam gelombang akibat cuaca buruk sehingga mengalami kerusakan.” Kata Bram.

Mendapat informasi itu, Tim Rescue Unit Siaga Sar Bacan langsung bergerak ke lokasi kejadian perkara (LKP) menggunakan Kapal Rescue Boat (RB 309 Ternate).

“Jarak tempuh Rescue Boat 309 ke LKP 38,3 Nm. Waktu tempuh 3 jam 56 menit.” Ujarnya.

Pada pukul 21:36 WIT, Tim SAR gabungan tiba di LKP dan menemukan korban pada koordinat yang diberikan oleh korban.

Selanjutnya pukul 21:45 WIT, Tim gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat ke Kapal Rescue Boat 309 Basarnas Ternate.

“Korban kemudian di bawa dan tiba di pelabuhan Babang pukul 00:00 WIT. Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga dalam keadaan selamat.” Ungkapnya.

Lanjut Bram, dengan telah ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka Tim SAR gabungan pun melaksanakan debriefing dan operasi SAR ini dinyatakan selesai.

“Seluruh unsur yang terlibat di kembalikan kesatuannya masing-masing dengan ucapan terima kasih.” Pungkasnya.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Zulfikar

728×90 Ads