Membaca Realitas
728×90 Ads

Capaian Retribusi Pasar Januari-Februari Capai Rp900 Juta

TERNATE (kalesang) – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Kamis (24/2/2022).

Rapat yang digelar di ruang Eksekutif DPRD Kota Ternate ini mengagendakan penataan dan pungutan retribusi pasar.

Sekretaris Disperindag Kota Ternate, Muhlis S Djumadil mengatakan, Disperindag sudah melakukan langkah-langkah perbaikan di internal.

“Saya belum bisa memberikan data, tapi yang jelas kita sudah melaksanakan dengan baik.” Ungkap Muhlis saat diwawancarai usai rapat.

BACA JUGA: Disperindag Tidak Siap, Rapat RDP Ditunda

Pada prinsipnya, Disperindag Kota Ternate menargetkan capaian retribusi sebesar Rp12,5 milliar, sehingga dalam satu bulan pendapatan yang harus dicapai tersebut sudah bisa diketahui agar mencapai target.

“Insyaallah, kepercayaan yang diberikan kepada kami, kita coba semaksimal mungkin untuk dapat target tersebut.” Jelasnya.

Mantan Kabid Perdagangan Disperindag itu juga meyampaikan, semenjak dialihkannya retribusi dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) ke Disperindag untuk retribusi sendiri sudah mencapai Rp900 juta.

“Sekarang kita pada posisi ini, karena kita mengejar piutang sudah sekitaran Rp500 juta lebih, dari bulan Januari itu sudah Rp900 juta lebih.” Katanya.

Muhlis menambahkan adanya kios-kios maupun ruko yang mempunyai tunggakan satu hingga dua tahun dan Disperindag mengoptimalkan hal itu dengan bukti-bukti toleransi dan keringanan.

“Tapi tetap melaksanakan pembayaran di bulan Januari dan Februari, ini juga butuh proses karena kita juga butuh tenaga yang ekstra untuk melakukan itu.” Pungkas Muhlis.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Ibrahim
728×90 Ads