Membaca Realitas
728×90 Ads

Bermodal KTP Masyarakat di Malut Bisa Dapat Bibit Gratis

TERNATE, (Kalesang) – Dalam rangka mendorong program Kebun Bibit Rakyat (KBR) dan program Menanam 25 pohon seumur hidup. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL)  Ake Malamo, Ternate,  Maluku Utara. Menyediakan 7 jenis bibit tanaman untuk diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (BPDASHL) Ake Malamo. Rudianto, S.Hut. saat dikonfimasi, Kamis (24/2/2022). Menjelaskan untuk tahun 2021 terdapat 300 ribu bibit lebih yang berhasil di produksi di tempat persemayan Sofifi Kota Tidore Kepulauan, dari 7 jenis tanaman.

“Kami memproduksi jenis tanaman pala,  ketapang kencana,  tape buya,  cengkeh,  kayu balsa,  tahun kemarin 300 ribu bibit yang dihasilkan,” Tuturnya.

Lanjut Rudianto, masyarakat bisa mengambil bibitnya secara gratis dengan membawa fotocopy KTP jika perorangan, tetapi kalau berkelompok seperti mahasiswa maupun komunitas kita meminta surat resmi dan rencana penanamannya.

Baca Juga: BPDASHL Ake Malamo Produksi 50 Ribu Bibit Mangrove Siap Tanam

“Per KTP masyarakat bisa dapat 25 Bibit, kalau berkelompok dengan surat resmi maka bisa lebih misalnya 1000 sampai 2000 bibit.” Ungkapnya.

Semenntara itu, terkait dengan program kerja BPDASHL Ake Malamo di tahun 2022 sendiri masih terus fokus pada program yang sama pada tahun 2021. Berdasarkan pada program yang telah ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Salah satunya program Padat Karya Penanaman Mangrove yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat terdampak PHK/pandemik dan atau berpenghasilan rendah.

“Untuk program ditahun 2022,  kita masih melanjutkan program di tahun 2021 dan untuk KBR sendiri masih memproduksi jenis tanaman yang sama.” Tutup Rudianto. (Tr-02)

Penulis: Sitti Muthmainnah| Editor: Wendi Wambes

728×90 Ads