Membaca Realitas
728×90 Ads

Ini Target Dispar Kota Ternate untuk Pantai Kastela

TERNATE (kalesang) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Ternate menargetkan pengembangan destinasi wisata Pantai Kastela, Kelurahan Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara.

“Tahun 2022 Kastela menjadi target bagaimana pengembangan destinasi wisata pantai.” Kata Kepala Dispar Kota Ternate, Rustam P. Mahli kepada kalesang.id saat menghadiri kegiatan Festival Gamlamo yang diselenggarakan oleh pemuda dan pelajar Kastela, Sabtu (26/2/2022).

Mantan staf Diskomsandi Maluku Utara itu mengemukakan, sudah mempunyai program untuk Pantai Kastela. Tempat ini mempunyai keunikan tersendiri yakni mangrove.

“Besok rencananya kita akan bersihkan pantai dan untuk mangrove saya mau giring pemuda yang ada di Kelurahan Kastela agar sadar lingkungan dan melakukan penanaman kembali mangrove.” Cetusnya.

“Tujuannya jelas untuk memelihara ekosistem di pantai dan yang lebih utama pengembangan Kastela jadi target destinasi wisata.” Sambung Rustam.

Sementara untuk infrastruktur pendukung seperti bangunan belum memiliki arah ke depan namun yang pasti pada tahun 2022 ada program pelatihan sadar wisata.

“Untuk penganggaran ada sekitar Rp100 juta lebih dan saya yakin itu bisa jalan mengenai sadar wisata ini.” Katanya.

Pantai Kastela memiliki keunikan tersendiri yakni adanya penyangga utama potensi wisata sehingga pantai Kastela harus dijadikan ikon pintu utama wisata.

“Intinya sebuah kawasan wisata jika berada di pemukiman maka pemerintah kota berkewajiban melakukan edukasi dan sosialisasi, demi kesejahteraan masyarakat.” Pungkasnya.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Zulfikar
728×90 Ads