Membaca Realitas
728×90 Ads

Ini 8 Penyebab Bintik Putih di Kuku

Kalesang.id – Mungkin anda pernah melihat adanya bintik-bintik putih pada kuku tangan atau kaki anda. Apa sebabnya? Apakah karena Covid-19? Belum tentu. 

Di beberapa daerah, ada kepercayaan jika terdapat bintik putih di kuku tangan bisa jadi pertanda bahwa ada orang yang sedang memperhatikan anda, tak sedikit hal ini pun dibiarkan begitu saja.

Padahal kemunculan bintik putih pada kuku tangan atau kaki bisa jadi pertanda buruknya kondisi kesehatan yang sedang anda hadapi. Bintik putih pada kuku tangan dan kaki ini biasa disebut sebagai leukonychia.

Dokter spesialis penyakit dalam di Morganville, New Jersey, Spencer Kroll mengatakan, sebelum era Covid-19 saat pasien melakukan pemeriksaan, sebagian besar dokter akan memeriksa tangan terutama kuku pasien.

“Itu adalah bagian penting dari diagnosis pandangan awal pada kuku.” Kata Kroll dilansir dari The Healthy.

Bintik-bintik putih pada kuku yang disebut leukonychia ini bisa terjadi karena berbagai penyebab-mulai dari masalah kosmetik hingga penyakit besar yang mengancam jiwa.

Berikut adalah alasan paling umum munculnya bintik-bintik putih di kuku tangan atau kaki Anda.

  1. Infeksi Covid-19

Gejala ini memang jarang diketahui. Kroll menjelaskan, meskipun gejala ini biasanya melibatkan jari kaki yang merah, terkadang pasien juga mengalami dasar kuku yang pucat.

“Ini bisa terlihat keputihan dan bisa terlihat di kuku juga.” Katanya.

American Academy of Dermatology merekomendasikan krim hidrokortison untuk meredakan gejala. Pasien harus mencermati gejala Covid-19 lain yang berpotensi lebih berbahaya dan menindaklanjuti hal ini dengan dokter jika mereka merasa perlu pengujian atau perawatan.

  1. Psoriasis atau eksim

Kuku adalah perpanjangan dari kulit. Psoriasis dan eksim adalah kondisi kulit yang ditandai dengan gatal, ruam, dan kemerahan. Ini dapat bermanifestasi di kuku serta kulit hingga beberapa bagian kuku menjadi putih.

Psoriasis kuku bisa terlihat seperti penebalan dan pemutihan pada kuku. Itu juga bisa terlihat seperti titik-titik putih. Eksim dapat menyebabkan tonjolan, perubahan warna, dan penebalan.

  1. Kurang vitamin dan mineral

Munculnya bintik putih pada kuku juga bisa jadi pertanda Anda kekurangan kalsium. Ada juga yang mengatakan kekurangan vitamin dan mineral bisa menjadi penyebab muncul bintik putih pada kuku.

  1. Reaksi alergi

Munculnya bintik putih pada kuku juga bisa jadi pertanda reaksi alergi terhadap produk kecantikan tertentu. Dilansir dari Healthline, alergi terhadap cat kuku, gloss, pengeras, atau penghapus cat kuku juga bisa jadi penyebab alergi hingga muncul bintik putih. Penggunaan kuku akrilik atau gel juga dapat merusak kuku dan dapat menyebabkan bintik-bintik putih.

  1. Jamur

Jamur kuku yang biasa disebut onikomikosis superfisial putih dapat muncul di kuku kaki. Tanda pertama infeksi mungkin berupa beberapa titik putih kecil pada kuku. Infeksi dapat tumbuh dan menyebar ke dasar kuku. Kuku kaki mungkin tampak terkelupas yang kemudian menjadi tebal dan rapuh.

  1. Cedera kuku

Bintik-bintik putih di kuku bisa menjadi pertanda trauma. Meski demikian dilansir dari Healthi Guide, Anda mungkin memperkirakan bintik-bintik putih di kuku berasal dari cedera, ada baiknya untuk mempertimbangkan alasan lain mengapa bintik-bintik ini muncul.

  1. Konsumsi gula halus

Konsultan nutrisi Donna Burka Wild percaya pada hubungan antara leukonychia dan kekurangan nutrisi, termasuk bagaimana gula rafinasi menyebabkan bintik-bintik putih di dasar kuku. Dia menjelaskan bahwa konsumsi gula rafinasi yang tinggi dapat menghabiskan simpanan mineral dalam tubuh yang diambil dari jaringan dan organ.

  1. Penyakit serius lainnya

Bintik-bintik putih di dasar kuku juga bisa jadi pertanda penyakit lain yang mungkin menjadi ancaman serius bagi kesehatan. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Indian Journal of Dermatology menetapkan bahwa leukonychia dapat menjadi gejala penyakit mulai dari keracunan arsenik, HIV, keracunan timbaL, gagal hati, sirosis hati, hingga gagal ginjal.

 

Sumber: cnnindonesia.com
728×90 Ads