Membaca Realitas
728×90 Ads

Tarif Angkot Masih Premium, ISSAP Minta DPRD Sesuaikan dengan Harga Pertalite

TERNATE (kalesang) – Ikatan Solidaritas Sopir Angkutan Penumpang (ISSAP) Kota Ternate, menggelar audensi bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Maluku Utara.

Audensi dihelat di Ruang Eksekutif DPRD Kota Ternate ini, ISSAP meminta menaikan tarif angkutan umum sesuai dengan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kota Ternate.

Koordinator ISSAP, Muhammad Ely mengatakan sesuai kesepakatan dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate bahwa tarif angkutan umum disesuaikan dengan harga BBM yakni premium dengan harga Rp6.400 per liter.

“Namun yang terjadi di lapangan bensin tidak ada, yang diberikan ke kami adalah pertalite dengan harga Rp7.850.” Keluh Ely.

Menurut Ely ketidaksesuaian ini berdampak pada supir angkutan umum, apalagi terdapat kebijakan-kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM yang tentunya mempengaruhi pendapatan tarif angkutan umum di Kota Ternate.

“Imbasnya itu terjadi ke sopir dan keluarga, maka kami berharap melalui DPRD bisa perjuangkan nasib kami.” Katanya.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Perparkiran Dishub Kota Ternate, Fachrul Rozi mengatakan tarif angkutan umum yang berlaku sekarang memang semenjak 2016 dan akan ditinjau ulang.

“Dulunya dasar penetapan tarifnya kan premium, mungkin ada kelangkaan BBM, nantinya ada penyesuaian-penyesuaian ulang tarif tersebut.” Ungkap Fachrul.

Kata Fachrul penentuan tarif angkutan umum bukan saja dari Dishub atau ISSAP melainkan nantinya melibatkan, baik perguruan tinggi, pelajar maupun masyarakat umum sebagai konsumen.

“Nanti ada rapat untuk disesuaikan dengan harga, yang tadinya dari premium disesuaikan ke pertalite atau pertamax.” Beber Fachrul.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads