Membaca Realitas
728×90 Ads

Polemik Pengangkatan Ketua RT/RW di Kelurahan Makassar Barat Tunggu Perwali

TERNATE (kalesang) – Polemik pengangkatan ketua RT/RW di lingkungan Melayucim, Kelurahan Makassar Barat, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara, berakhir di meja DPRD.

Sebelumnya, Lurah Makassar Barat, Mardiyah Baud diduga mengangkat Ketua RT 001 dan 002 serta Ketua RW 002 tanpa dukungan warga. Hal ini membuat warga ptotes.

“Dulu-dulu itu tidak ada pemilihan RT/RW hanya penunjukan berdasarkan SK Lurah saja.” Ujar Lurah Makassar Barat, Mardiyah Baud saat diwawancarai usai rapat dengan DPRD Kota Ternate, Rabu (2/3/2022) kemarin.

Warga yang tak terima memang mengadu ke DPRD. Setelah melalui rapat, pihak DPRD kemudian menyetujui ketua RT dan RW yang sudah diangkat tersebut, dievaluasi selama tiga bulan, sambil menunggu peraturan walikota tentang pengangkatan RT/RW.

Di tempat yang sama, ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Makassar Barat, Rusdy Daofah mengatakan keputusan pengangkatan RT/RW dianggap tidak adil oleh sebagian masyarakat

Terpisah, ketua Komisi I Mochtar Bian menyampaikan bahwa terkait dengan pengangkatan ketua RT/RW di lingkup Kota Ternate sejauh ini belum memiliki regulasi atau petunjuk teknis.

“Untuk itu, terkait dengan proses pengangkatan yang dilakukan nantinya, harus menunggu perwali berdasarkan Permendagri nomor 18 terkait dengan lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan.” Tutup Politisi PKB itu.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads