Membaca Realitas
728×90 Ads

122 CPNSD Kota Ternate Ikut Latsar

TERNATE (kalesang) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Jusuf Sunya resmi membuka pelatihan dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Golongan II dan III di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut).

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Asrama Haji Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selatan Kota Ternate, Senin (7/3/2022).

Sekda Kota Ternate, Jusuf Sunya mengatakan di era demokrasi dan transparansi sekarang ini Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus disorot dan dinilai secara kritis oleh semua elemen masyarakat.

“Berbagai macam predikat yang menyudutkan kerap kali mewarnai wajah birokrasi kita.” Ujar Jusuf dalam sambutannya, Senin (7/3/2022).

Bahkan, kata Jusuf kondisi ideal PNS sebagai unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur negara yang memiliki peran penting belum terfigur secara utuh.

Hal ini, lanjut Jusuf dapat terlihat masih banyaknya berbagai perilaku PNS yang negatif, yang pada akhirnya melahirkan stigma di masyarakat bahwa PNS tidak bisa bekerja secara profesional.

“Masyarakat mendambakan sosok PNS profesional yang mampu memenuhi standar kompetensi jabatannya secara efektif dan efisien.” Katanya.

Menurutnya, pelaksanaan Latsar ditekankan pada pengembangan karakter PNS atau CPNS, “teman-teman akan dibekali pengetahuan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS serta pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan negara.” Lanjutnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan jumlah peserta 122 orang, terdiri dari sarjana dan non sarjana, 38 orang non sarjana kemudian 84 orang sarjana.” Ujar Samin.

“Pelaksanaan ini mulai hari ini sampai 20 hari kedepan, setelah itu off. Off ini pesertanya dikembalikan ke OPD masing-masing untuk aktualisasi.” Tandas Samin.(tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Wawan Kurniawan
728×90 Ads