Membaca Realitas
728×90 Ads

5 Tips agar Olahraga Tak Bikin Bau Keringat

Kalesang.id – Olahraga selalu identik dengan keringat yang mengeluarkan bau tak sedap. Bau keringat yang tak sedap itu kadang bisa terasa sangat mengganggu. 

Beberapa orang malas berolahraga karena takut menimbulkan bau yang tak sedap.

Namun, anda tak perlu khawatir, atlet bulu tangkis yang baru saja pensiun beberapa waktu lalu, Liliyana Natsir memberikan tips agar olahraga tak bikin bau keringat.

Liliyana mengakui bahwa terkadang rasa percaya diri bisa menyusut saat keringat bercucuran. Apalagi, keringat juga bisa menimbulkan bau tak sedap.

Solusinya, kata dia, adalah rajin menjaga kebersihan tubuh, sebelum dan setelah olahraga.

“Penting sekali, karena keringat, kan, bisa bau, kadang apek kalau tidak dibersihkan.” Kata Liliyana dalam acara yang digelar Dettol, Kamis (10/3/2022).

Liliyana dan para ibu yang anaknya menjadi atlet membagikan tips agar tubuh selalu bersih sehingga keringat tidak menyebabkan bau menyengat.

 

1. Rajin Mandi

Mandi menjadi solusi paling manjur untuk menjaga kebersihan tubuh. Liliyana biasanya mandi dua kali sehari atau mandi setiap kali selesai latihan dan olahraga.

“Kalau mandi, kan, jadi bersih, terlihatnya juga lebih segar dan bisa membuat kita lebih percaya diri.” Kata dia.

 

2. Pilih sabun yang tepat

Sabun juga berpengaruh terhadap kebersihan kulit dan aroma tubuh. Liliyana menyarankan menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Siapkan keperluan mandi di tas anak

Ibunda dari atlet basket remaja Praisey Blessed menyebut, hal utama yang harus dipersiapkan orang tua adalah keperluan mandi anak-anaknya. Dari mulai sabun hingga handuk dan baju ganti harus selalu disiapkan.

“Kita siapkan perlengkapan mandinya. Kalau perawatan lainnya dia sudah ingat sendiri. Kita juga siapkan desinfektan dan hand sanitizer.” Katanya.

 

4. Rutin ganti handuk

Sangat tidak dianjurkan menggunakan handuk yang sama setiap habis mandi. Rutin mengganti handuk, mencuci, dan menjemurnya juga berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit.

 

5. Jaga pola makan

Ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan bau badan dan tubuh tidak sehat. Hindari makanan seperti itu dan perbanyak konsumsi sayur, buah, dan minum air putih.(red)

 

Sumber: cnnindonesia.com
728×90 Ads