Membaca Realitas
728×90 Ads

Gempa Tektonik 4,9 Magnitudo Guncang Wilayah Kota Ternate

TERNATE (kalesang) – Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,9 magnitudo mengguncang wilayah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) pukul 12:08:46 WIT, Senin (14/3/2022).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Ternate menunjukkan bahwa, gempa bumi memiliki parameter M=4,9.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.02 LU dan 126.70 BT, atau tepatnya berlokasi 110 Km Barat Daya TIDORE-MALUT pada kedalaman 10 km.” Ujar Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Andri Wijaya Bidang, dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/3/2022)

Andri menjelaskan, jenis dan mekanisme gempabumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktifitas subduksi lempeng Laut Maluku.

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Ternate dengan intensitas II Modified Mercalli Intensity (MMI) getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.” Jelasnya.

Hingga saat ini, lanjut Andri belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut dan hingga pukul 12:35:00 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Andri menghimbau kepada masyarakat di wilayah Kota Ternate dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(tr-01)

 

 

Reporter: Rahmat Akrim l Editor: Zulfikar
728×90 Ads