Membaca Realitas
728×90 Ads

Sejumlah Motoris Speedboat Ternate-Makian Tolak Pengoperasian Kapal MV. Indo Master 3

TERNATE (kalesang) – Sejumlah motoris speedboat Ternate – Pulau Makian menolak pengoperasian kapal cepat MV Indo Master 3, karena mengancam mata pencaharian.

Kapal MV. Indo Master 3 ini dikabarkan akan beroperasi pada akhir Maret 2022 dengan rute Kota Ternate – Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara. Pengoperasian berdasarkan keputusan Bupati Halsel, Usman Sidik.

“Kalau diijinkan beroperasi, sama saja Bupati (Usman Sidik) memutuskan mata pecaharian kami.” Ungkap Udin, salah satu motoris speedboat saat ditemui kalesang.id di dermaga pelabuhan semut Kota Ternate, Senin (14/3/2022).

Menurutnya, saat ini saja sulit mendapatkan penumpang lantaran banyaknya speedboat dan kapal kayu rute yang beroperasi Ternate – Pulau Makian.

Apalagi ditambah kapal yang baru. Keberadaan kapal Ferry dengan jadwal seminggu tiga kali saja pihaknya sudah merasakan dampaknya.

Speedboat rute Ternate-Makian sebanyak 7 unit. Jadwalnya satu minggu tiga kali operasi sesuai jadwal, dan satu hari ada 3 speed yang mengangkut penumpang. Lebih parah lagi kalau bertepatan dengan jadwal Ferry dan kapal kayu.” Ujar Udin.

Udin menyampaikan akan berkoordinasi  dengan seluruh ABK speedboat dan kapal kayu untuk melakukan penolakan terhadap operasional kapal cepat tersebut.

“Kami akan menyurat ke Perhubungan Laut dan ke Bupati, jika tidak diindahkan maka kami akan demo.” Tegasnya.

Senada juga dikeluhkan Hamjah, seorang ABK speedboat Ternate-Makian.

“Pendapatan dalam sekali oprasi tidak menentu, yang pastinya tidak lewat dua juta. Jadi gaji karyawan saja tidak mencukupi.” Keluhnya.

Sekedar untuk diketahui, pengoperasian kapal cepat MV. Indi Master 3 milik PT Zambart Utama itu atas rekomendasi Bupati Halsel, Usman Sidik.(tr-06)

 

Reporter: Harisman Salim
Editor: Ibrahim
728×90 Ads