Membaca Realitas
728×90 Ads

Sejumlah Pegawai Lapas Ternate Diperiksa, Besok Giliran Plh Kalapas

TERNATE (kalesang) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Maluku Utara segera menuntaskan penyelidikan terkait warga binaan Lapas Kelas IIA Ternate inisial AZ alias Zul, yang kabur saat mendapat izin menjenguk orang tua, Rabu (9/3/2022) lalu.

Melalui Devisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Malut, pada Senin (14/3/2022) telah memeriksa 3 pegawai Lapas Kelas IIA Ternate. Pemeriksaan ini untuk mengungkap dugaan adanya keterlibatan oknum pegawai atas kaburnya warga binaan tersebut.

“Kami akan menindaklanjuti persolan ini dan menjadi perhatian serius dari Kakanwil. Hingga kini sudah tiga orang pegawai Lapas yang telah kami periksa.” Ungkap Kepala Devisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Malut, Lili kepada wartwan, Senin (14/3/2022).

BACA JUGA: Napi Lapas Ternate yang Kabur Saat Izin Jenguk Ortu Berhasil Ditangkap

Pada Selasa (15/3/2022) besok diagendakan pemeriksaan lanjutan terhadap 4 pegawai lagi. Termasuk Plh. Kalapas Sofyan Muthalib dan Azis, salah seorang pegawai yang mengawal AZ saat membesuk orang tuanya yang sakit hingga berakhir kabur dari pengawalan.

“Pemeriksaan kami akan terus berlanjut. Tidak akan terhenti pada 7 orang pegawai saja. Siapa saja yang diduga terlibat atau terkait akan kami periksa.” Tegasnya.

Lili menyatakan, insiden kaburnya warga binaan Lapas Kelas IIA Ternate ini merupakan yang kedua kali. Ia berharap tidak sampai yang ketiga kalinya.

“Jadi kami akan serius untuk terus menuntaskan persoalan-persoalan ini. Terkait target kami terhadap pemeriksaan ini akan tuntas pada pekan ini dan kami sudah bisa menemukan titik terangnya, dan hasilnya juga akan kita sampaikan ke pusat sekaligus di publikasikan.” Bebernya.(tr-07)

Reporter: Ikky Ahdian Umage
Editor: Zulfikar

728×90 Ads