Membaca Realitas
728×90 Ads

Bahas LKPJ Tahun 2021, Ketua Pansus: Ada Beberapa OPD Jadi Perhatian

TERNATE (Kalesang) – Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate menggelar rapat internal terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Ternate Tahun 2021, Sabtu (26/3/2022).

Ketua Pansus DPRD Kota Ternate, H. Fahri Bachdar mengatakan terkait rapat internal Pansus bahwa ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang kemudian menjadi perhatian yang secara detail akan melakukan kroscek di lapangan.

“Hal ini terkait dengan program dan kegiatan tahun 2021 baik realisasi fisik maupun nonfisik dibeberapa OPD.” Ujar Fahri saat diwawancarai, kalesang.id Sabtu (26/3/2022).

Dikatakan, dari hasil kroscek di lapangan tersebut Pansus akan mengambil kesimpulan untuk menjadi catatan dalam rekomendasi Pansus LKPJ.

“Ada persoalan-persoalan, gambaran umumnya seperti persoalan air bersih kemudian persoalan sampah.” Katanya.

“Terkait juga dengan masalah penanganan Covid-19 yang alokasi anggarannya dialokasikan untuk program vaksinasi dan lain-lain.” Sambungnya.

Lanjutnya, karena ada persamaan dengan waktu reses, maka disamping agenda reses, Pansus akan memaksimalkan waktu kerja, untuk turun di dibeberapa OPD yang menjadi sasaran pansus terkait pelaksanaan program dan kegiatan di tahun 2021.

“Baik realisasi maupun persoalan-persoalan yang tejadi, kemudian masalah-masalah yang sudah ditangani atau belum ditangani Pansus akan mengkroscek secara langsung.” Ungkapnya.

Sayangnya Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu enggan merinci OPD mana saja yg menjadi target mereka. Ia hanya mengemukakan prinsipnya Pansus mengkroscek satu persatu tapi kemudian secara spesifik pansus akan melakukan kroscek di lapangan untuk mengetahui secara jelas.

“Jadwalnya di tanggal 3 sampai tanggal 9, kami akan mengkroscek baik di daratan Ternate, Hiri, maupun Moti dan untuk Batang dua sendiri nanti kami sesuaikan.” Sebut Fahri.

Fahri menambahkan, karena waktu Pansus diberikan waktu kerja kurang lebih satu bulan dan kemudian bersamaan dengan agenda-agenda DPRD reses dan lain-lain, maka walupun bersamaan pansus akan memaksimalkan waktu untuk melakukan evaluasi dokumen LKPJ maupun capaian kinerja yang di lakukan oleh pemerintah pada tahun 2021.

“Walaupun ada agenda reses tapi pansus juga akan menyesuaikan waktu untuk melakukan on the spot atau kerja-kerja pansus yakni melakukan kroscek di beberapa OPD tersebut.” Tutup Fahri. (tr-01)

 

Reporter : Rahmat Akrim | Editor : Wawan Kurniawan

728×90 Ads