Membaca Realitas
728×90 Ads

Pasangan Pra Nikah dan Remaja Usia Nikah Diberi Bimbingan

TERNATE(Kalesang)- Kementrian Agama (Kemenag) Kota Ternate, Maluku Utara melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam berikan bimbingan pra nikah.

Kepala Seksi Bimas Islam Hj. Maskur Sapsuha, S.Ag, MH, mengatakan kegiatan ini melibatkan sejumlah mahasiswa dan calon pengantin dari 4 kecamatan di Kota Ternate.

“Kegiatannya sudah kami lakukan hari Sabtu (26/3) di Aula IAIN Ternate, jumlah pesertanya 250.” Ungkapnya, Senin (28/3/2022)

Lanjutnya, bimbingan untuk memberikan pemahaman kepada Calon Pengantin (Catin) dan remaja usia nikah, ada 4 materi yang diberikan yaitu Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan seksualitas, manajemen keluarga, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan perlindungan anak, serta membentuk keluarga sakinah mawadah warahmah.

“Diharapkan setelah ini, Catin sudah siap secara fisik dan psikis dalam membangun rumah tangga dan dapat membentuk keluarga yang sakinah mawadah warahmah.”Jelasnya.

H Maskur juga mengungkapkan angka pernikahan pada tahun 2021 sebanyak 1.500 lebih dan pada tahun 2022 ini mengalami peningkatan sesuai laporan dari KUA ada peningkatan, untuk bulan Januari sampai Februari sudah diatas 100 pernikahan. “Untuk bulan Maret belum ada laporan.”Tutupnya. (Tr-02)

 

Reporter :Sitti Muthmainnah

Editor   :Wawan Kurniwan

728×90 Ads