Membaca Realitas
728×90 Ads

TKBM Ternate Gelar RAT, Upah Buruh Pelabuhan Akan Dibicarakan

TERNATE (Kalesang) – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Ternate menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Ke-XXVIII tahun buku 2021, Kamis (31/3/2022).

Sekretaris TKBM Kota Ternate, Junus Kambey mengatakan, kegiatan RAT merupakan kewajiban untuk memperkenalkan kegiatan dan pengurus serta anggota TKBM Pelabuhan Ternate selama satu tahun.

“Total anggota semua 465 orang termasuk pengurus dan pengawas.” Ujar Junus saat diwawancarai, Kamis (31/3/2022).

Junus menjelaskan dari total jumlah keseluruhan tersebut terbagi dalam empat grub yakni A, B, C, dan D, dimana masing-masing grub terdapat Kepala Regu Kerja (KRK).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua TKBM Kota Ternate, Irfan M. Saleh mengemukakan untuk tarif buruh ada dua.

Tarif yang diberlakukan untuk bongkar barang dari kapal ke pelabuhan dan tarif bongkar dari kontainer ke gudang pemilik.

“Dari kapal ke pelabuhan sebesar Rp556,018 per kontainer dan tarif bongkar barang dari kontainer ke gudang pemilik barang Rp950 ribu per kontainer.”Jelas Irfan.

Kata Irfan setelah RAT ini kemungkinan akan diusulkan ke pemerintah kota dan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) selaku mediator yakni komponen-komponen apa yang saja yang harus diperbaiki.

“Untuk besaran upah yang diusulkan nantinya belum bisa dipastikan, nanti kita akan duduk bersama membahas itu.” Tutup Irfan.

Sekedar diketahui kegiatan yang berlangsung di Hotel Royal Resto tersebut dibuka langsung oleh Walikota Ternate, M. Tauhid Soleman dan dihadiri Kepala KSOP Ternate, Agustinus serta seluruh para anggota koperasi TKBM Pelabuhan Kota Ternate. (tr-01)

 

Reporter: Rahmat Akrim

Editor  : Wawan Kurniawan

728×90 Ads