Membaca Realitas
728×90 Ads

Penuhi Kebutuhan ‘Tambaru Doi’ Bank Indonesia Malut Siapkan Uang 1,45 Triliun

TERNATE (Kalesang) – Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Maluku Utara (Malut) menyediakan Rp1,45 Triliun selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443  tahun 2022.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Malut, R. Eko Adi Irianto mengatakan, pemerintah telah melakukan penyesuaian kebijakan pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan hingga mudik lebaran di tahun ini.

“Untuk itu Bank Indonesia selaku otoritas di sistem pembayaran telah menyiapkan uang kartal (uang kertas dan logam) sejumlah Rp1,45 Triliun.” Ujar Eko saat menyampaikan tarhib Ramadan, Jumat (1/4/2022).

Dikatakan, hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan uang tunai pada Ramadan hingga Idul Fitri 1443 Hijriah tahun 2022 yang diproyeksikan mencapai Rp876 milyar atau meningkat 11 persen dari Ramadan tahun sebelumnya.

Eko menjelaskan di bulan Ramadan 1443 H kali ini, BI menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mengambil tema “Serambi Rupiah Ramadhan” atau kepanjangan dari belanja bijak dan rawat rupiah.

“Dengan tema tersebut, kami mengajak masyarakat agar makin bijak menggunakan rupiahnya dalam bertransaksi.”Terang Eko.

“Tidak berlebihan dan sesuai kemampuannya sehingga fluktuasi harga barang akibat meningkatnya uang yang beredar selama Ramadan dapat lebih terkendali.”Katanya.

Untuk itu BI menyediakan kas keliling secara retail yang berlokasi di depan Kantor Walikota Ternate setiap Hari Senin s.d Rabu mulai tanggal 6 April 2022.

Penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) juga akan dilayani di 66 bank yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Maluku Utara.(tr-01)

Reporeter: Rahmat Akrim

Editor   : Wawan Kurniawan

 

 

728×90 Ads