Membaca Realitas
728×90 Ads

Dorong Literasi, Disarpus Malut Serahkan 311 Judul Buku ke Warga Halsel

TERNATE, (Kalesang) – Mendorong minat baca melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Provinsi Maluku Utara terus memberikan bantuan buku ke sejumlah Kabupaten-Kota sebelumnya di Kabupaten Morotai, kini Disarpus kembali meberikan bantuan buku ke Kabupaten Halmahera Selatan.

Tak tangung-tangung kali ini 311 judul buku diserahkan ke Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Halsel, Ety Juliani yang diserahkan langsung oleh Kadisarpus Malut, Muliadi Tutupoho, Rabu (20/4/2022). Selain Buku juga terdapat 1 rak perpustakaan, 1 unit meja dan 4 kursi Perpustakaan.

Bantuan tersebut nantinya disalurkan Disarpus Halsel ke pemerintah Desa Gilalang, Kecamatan Bacan Utara, Halmahera selatan.

Menurut Muliadi, langkah yang dilakukan saat ini merupakan wujud dari komitmen pemerintah Provinsi. Hal tersebutmewujudkkan visi-misi dari Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba dan Wagub M. Al Yasin Ali yakni “Maluku Utara Cerdas 2024”.

“Besar harapan kami bantuan ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan minat baca, karena berbagai referensi telah didekatkan di sekitar masyarakat,” Jelasnya.

Lanjut Muliadi, pihaknya masih terus berjuang untuk memenuhi kebutuhan referensi di perpustakaan baik desa, sekolah, maupun perpustakaan yang dikelola oleh pegiat literasi.

“kita akan terus gencar mendorong literasi sampai ke Desa dan pegiat- pegiat literasi, meskipun masih terdapat kekurang-kekurangan.” Tegasnya.

Kadisarpus Halsel, Ety Juliani berterima kasih atas support dari Disarpus Provinsi yang memberikan perhatian kepada Masyarakr Halsel guna meningkatkan minat baca.

“Bantuan buku ini sangat bermanfaat untuk masyarakat kami yang berada di desa. Terus terang kami juga masih kekurangan judul buku.” Tuturnya.

Dia juga meminta agar kedepan masih ada lagi bantuan Buku untuk Desa-desa yang lain agar kebutuhan Buku kedepannya dapat terpenuhi.

“Sinergitas antara pemerintah daerah seperti ini tentu akan mendorong upaya kita meningkatkan literasi masyarakat dan bisa memenuhi kebutuhan buku di Desa,”Tutup Ety.

Reporter: Rifdi Umasangaji| Editor: Wendi Wambes

728×90 Ads