Membaca Realitas
728×90 Ads

Wow! Coklat Sulamina Bakal  Diekspor ke Inggris

TERNATE (Kalesang) – Setelah berhasil melakukan ekspor dibidang perikanan dan pertambangan pada tahun 2021 kemarin, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate merencanakan tahun 2022 ini melakukan ekspor dibidang perkebunan.

Sukirman Busrah saat ditemui kalesang.id di kantor Bea dan Cukai meyampaikan, tahun 2022 ini terdapat beberapa potensi yang direncanakan akan dilakukan ekspor dan salah satunya adalah coklat.

“Sala satu yang menarik untuk dilakukan ekspor adalah coklat Sulamina dari PT Sulamina, Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara yang akan diekspore ke inggris.” Ungkap Pemeriksa Bea dan Cukai Pertama,  Kantor Bea dan Cukai Ternate, Sukirman Busrah, Selasa (11/01/22).

Coklat Sulamina ini, Lanjut Sukirman, direncanakan akan diekspor ke negeri Ratu Elizabeth tersebut, dengan jumlah 200 kilo gram dalam sekali pengiriman.

“Sementara masih dalam proses pengurusan Ijin di Industri makanan.”Ujar Sukirman

Sukirman menambahkan, Alasan coklat Sulamina diekspor ke ingris karena buyer (pembeli) yang cocok secara harga dan kualitas. Sementra itu, pihak Bea dan Cukai juga akan menjajaki potensi ekspor komuditi lainnya seperti Cengkeh dan Pala di Tahun 2022 ini. (tr 04)

 

Reporter: Rasman La Tunda

Editor: Ibrahim

728×90 Ads