Membaca Realitas
728×90 Ads

Imlek Tahun ini tak Ada Pesta

TERNATE (kalesang) – Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh  Selasa (1/2/2022) di Kota Ternate, Maluku Utara dipastikan tak akan berbeda degan perayaan sebelumnya.

Di Kota Ternate, perayaan Imlek dipusatkan di Kelenteng Thian Hou Kiong yang sudah berusia 400 tahun lebih. 

Biasanya, beberapa hari sebelum  Imlek, sudah terlihat kemeriahan di klenteng yang pertama kali dibangun tahun 1657 ini.  

Umbul-umbul dan ratusan lampion merah sudah tergantung. Aroma dupa yang digunakan untuk sembahyang umat konghuchu juga sudah tercuim.

Saat acara puncak menunggu perngantian tahun baru, warga biasanya dihibur dengan atraksi barongsai, tari-tarian dan tentu saja kembang api.

Jika beruntung warga mendapatkan angpau yang dibagikan warga keturunan tionghoa.

Namun, karena Indonesia masih Covid-19, perayaan Imlek di Kota Ternate tak akan berbeda dengan perayaan Imlek tahun sebelumnya. 

“Imlek tahun 2572 ini kami umat Konghucu Kota Ternate, hanya melakukan sembahyangan.” Ungkap JS. BOY ANG sesepuh warga keturunan Tionghoa di Kota Ternate saat ditemui kalesang.id Rabu (19/1/2022).

Kapita Cina Kesultanan Ternate ini menambahkan, perayaan Imlek tahun ini hanya akan diisi dengan pesta kembang api kecil sebagai syarat. 

“Tidak ada perayaan mungkin hanya kembang api kecil, yang sering dimainkan anak-anak hanya syarat.” Katanya.(tr-06)

 

Editor : Wawan Kurniawan I Reporter: Arjuna Papuangan
728×90 Ads