Membaca Realitas
728×90 Ads

Instruksi Mendag Terkait Harga Minyak Goreng Belum Berlaku di Pasar Tradisional Ternate

TERNATE (kalesang) – Kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan tentang persamaan harga minyak goreng per liter sebesar Rp.14.000 yang telah diberlakukan serentak di seluruh Indonesia per tanggal 19 Januari 2022.

Hal tersebut, berdasarkan pada penggumuman resmi dari Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi melalui chanel youtube Kementerian Perdagangan. Tanggal 18 Januari 2022 lalu.

Untuk saat ini, berdasarkan pantau di sejumlah toko retail resmi di Kota Ternate Maluku Utara. Sudah berlakukan harga yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan. Sementara itu di Pasar-Pasar Tradisional masih menjual minyak goring dengan harga yang tinggi.

Di Pasar Gamalama, Kota Ternate pedagang masih menjual minyak goreng dengan Harga Rp. 22.000 per liter. Hal tersebut dikarenakan, para pedagang masih menjual stok minyak gorek yang dibeli dari agen dengan harga yang tinggi.

“Ini stok sisa kemarin, yang ambil dari agen dengan harga mahal, masa torang (kita) jual harga 14.000 itu tidak bisa. Nanti stok ini habis stok yang baru masuk dengan harga yang murah baru torang (kita) jual harga ikut pemerintah” Ungkap Ibu Nasria salah satu pedaganga di Pasar Gamalam Ternate, saat dikonfirmasi pada Kamis (20/1/2022).

Mohtar/ Ota Pedagang Pasar Gamalama Ternate (Foto Revi)

 

Hal serupa juga disampaikan oleh, Pak Mohtar yang juga merupakan pedagang di Pasar Gamalama Ternate. Menjelaskan jika stok yang ada sudah habis terjual dan Agen tidak menurunkan harga seperti yang ditetapkan pemerintah maka, mereka juga tidak bias menurunkan harga.

“Kalau dari agen tidak kasih turun harga, kita juga tidak bisa. Karena kita kan jualannya ambil dari agen” Tegasnya.

Meskipun begitu semua pedagangan mendukung pemerataan harga yang ditetapkan oleh Pemerintah, karena menurut mereka kebijakan tersebut sangat membantu dan mempermudah masyarakat.(tr-05)

 

Editor: Wendi Wambes I Reporter: Revi Rimadhani Muksin
728×90 Ads