Membaca Realitas
728×90 Ads

Kota Ternate Bakal Dipinjami Mobil Uji Kelayakan Kendaraan

TERNATE (kalesang) – Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah 24 Provinsi Maluku Utara gelar sosialisasi Pengenalan dan Pelatihan Pengoperasian Kendaraan dan Alat Uji Keliling di Kantor Walikota Ternate.

Kepala Seksi Transportasi Jalan BPTD Ari Prabowo mengatakan, kendaraan alat uji keliling ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Mobil ini nantinya akan dilegkapi alat Uji rem portable (termasuk kecepatan uji), timbangan portable, alat uji emisi bensin dan solar, alat uji lampu, alat uji kebisingan, alat uji kepekatan kaca, dan beberapa alat uji yang berhubungan dengan kelayakan kendaraan.

“Alhamdulillah kami dapat satu unit mobil ini untuk dioperasikan nanti.” Ujar Ari saat diwawancarai usai acara sosialisasi berakhir, Kamis (20/01/2022).

Tambahnya, dari hasil evaluasi yang dilakukan BPTD 2019 lalu, unit pengujian kendaraan bermotor yang ada di dinas-dinas di Maluku Utara, belum bisa beroperasi karena tidak ada kelengkapan alat makanya belum bisa diakreditasi hingga tidak layak difungsikan.

“Maka itu kami harus membantu dengan memberikan pinjam pakai alat ini.” Jelasnya.

Katanya juga, alat ini akan dipinjamkan bergiliran selama tiga bulan tergantung berapa banyak kendaraan yang akan diuji, untuk seluruh dinas perhubungan yang ada di kabupaten/kota di Maluku Utara.

“Insyaallah untuk Ternate sudah siap, nanti kita lakukan PKS (Perjanjian Kerjasama), nanti kita lihat kesiapan tenaga teknis dan biaya operasionalnya.” Tutupnya. (tr-01)

Reporter : Rahmat Akrim
728×90 Ads